Pengaruh Gaya Mengajar Ditinjau Dari Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Handspring Senam Lantai

Ridwan Gumilar

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh gayamengajar ditinjau dari percaya diri terhadap hasil belajar handspring senam lantai mahasiswa PJKR UniversitasSiliwangiTasikmalaya.Teknik analisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua arah, diikuti oleh tes Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh: (1) hasil belajar handspring secara keseluruhan yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar latihan (Fo = 4.19 > Ft = 4.00); (2) ada interaksi antara gaya mengajar dengan percaya diri terhadap hasil belajar handspring senam lantai, (Fo = 4.10> Ft = 4.00); (3) bagi mahasiswa yang memiliki percaya diri tinggi, hasil belajar handspringyang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih baik daripada yang diajardengan gaya mengajar latihan
(qo = 4.149> qt = 3.63); (4) bagi mahasiswa yang memiliki percaya diri rendah hasil belajar handspringyang diajar dengan gaya mengajar latihan lebih baik daripadayang diajar dengan gaya mengajar resiprokal (q0 = 7.379 <qt = 3.63). Diharapkan kepada seluruh dosen dan guru untuk memberikan senam lantai belajar latihan tertentu saja lebih baik menggunakan perintah gaya mengajar.Pengaruh Gaya Mengajar Ditinjau Dari Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Handspring Senam Lantai

Kata Kunci


gaya mengajar; percaya diri; handspring senam lantai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Frank M. Ferducci, Measurement Concepta in Physical Education.

St.Louis Missouri: Mosby Company, 1980.

Halim Susilodinata.,dan Agus Mukholid. Teaching Physical Education By

Muska Mosston. Jakarta: Pascasarjana IKIP Jakarta, 1994.

Mosston, M. Teaching Physical Education First Online Edition, New York Mac Millan College Publishing Inc, 1994.

Hidayat, Cucu. Psikologi Olahraga. Tasikmalaya: PJKR UNSIL, 2008.

Hidayat, Imam. Senam, Bandung. Fakultas Pendidikan Olahraga dan

Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia, 1996.

Husdarta, H.J.S. Psikologi olahraga.Bandung: Alfabeta, 2010.

Komaruddin, psikologi Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Lutan, Rusli. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode.

Jakarta, Depdikbud, l988.

Mahendra, Agus. Teori Dan Metode Pembelajaran Senam. Bandung

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas

Pendidikan Indonesia,2004.

Matakupan, J. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dinas P dan K DKI

Jakarta,1991/1992.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Purwanto,Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar: 2011.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1992.

Suprijono, Agus. cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta, 2010.

Tangkudung, James. Kepelatihan Olahraga, Pembinaan Prestasi

Olahraga. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya 2012.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2004.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo, 1991.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.749

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions