Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal
Abstrak
Pendidikan jasmani tidak hanya menyediakan kondisi untuk pengembangan kompetensi keterampilan motorik dan adopsi gaya hidup sehat, tetapi juga dinilai pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi dan sosial siswa terutama dalam peningkatan keterampilan bermain futsal. Namun demikian, pendekatan pengajaran yang berbeda yang diadopsi oleh guru dapat menyebabkan hasil yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi dan membandingkan efek dari dua pendekatan pengajaran yang berbeda, model pembelajaran tradisional (MPT) dan model cooperative learningdalam hal ini tipe teams games tournament (TGT) dalam peningkatan keterampilan bermain futsal pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pada desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak, kemudian diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui apakah ada perbedaan keadaan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.  Instrumen penelitian   yang digunakan  GPAI (Games Perpormance Analisis Instrument) untuk mengukur penampilan siswa dalam keterampilan bermain futsal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan unji signifikansi (Uji-t)  dengan mengunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25.0 IBM for windows.  Hasil  analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan  antara model cooperative learningtipe Team GamesTournament (TGT) dan MPT terhadap peningkatan  keterampilan bermain futsal pada siswa. Kesimpulan  penelitian ini yaitu model cooperative learningtipe Team Games Tournament(TGT) memiliki pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan MPT terhadap keterampilan bermain futsal pada siswa SMP.Â
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Referensi Utama (Jurnal):
Anwari, Z. (2021). Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam melalui model kooperatif learning pada siswa sdn batu bini. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 2369–2384. https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.179
Ardian, A., Haetami, M., & Triansyah, A. (2019). Penerapan model cooperative learning tipe tgt terhadap hasil shooting sepak bola smpn 2 siantan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35784
Bai, X., Wang, X., Wang, J., Tian, J., and Ding, Q. (2020). “College students’ autonomous learning behavior in blended learning: learning motivation, self-efficacy, and learning anxiety,†in Proceedings of the 2020 International Symposium on Educational Technology (ISET), (Piscataway, NJ: IEEE), 155–158. doi: 10.1109/ISET49818.2020.00042
Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: an academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1- 27. doi:10.1080/02671520701809817
Beni, S., Fletcher, T., & Nà ChróinÃn, D. (2017). Meaningful Experiences in Physical Education and Youth Sport: A Review of the Literature. Quest, 69(3), 291-312. doi:10.1080/00336297.2016.1224192
Brady, F. (1998). A Theoretical and Empirical Review of the Contextual Interference Effect and the Learning of Motor Skills. Quest, 50(3), 266-293. doi:10.1080/00336297.1998.10484285
Cahyadi, E., Hariyanto, A., & Kartiko, D. C. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri dan Group Investigation Pada Pembelajaran PJOK Terhadap Partisipasi dan Berpikir Kritis Siswa SMPN 4 Pamekasan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 246–254. https://doi.org/10.36312/jime.v7i2.2063
Chen, X., Chen, S., Ma, Y., Liu, B., Zhang, Y., and Huang, G. (2019). An adaptive offloading framework for android applications in mobile edge computing. Sci. China Inform. Sci. 62:82102. doi: 10.1007/s11432- 018- 9749- 8
Chen, X., Li, A., Zeng, X., Guo, W., and Huang, G. (2015). Runtime model based approach to IoT application development. Front. Comput. Sci. 9, 540–553. doi: 10.1007/s11704-015-4362-0
Chen, X., Zhu, F., Chen, Z., Min, G., Zheng, X., and Rong, C. (2021e). Resource allocation for cloud-based software services using prediction-enabled feedback control with reinforcement learning. IEEE Trans. Cloud Comput. doi: 10.1109/TCC.2020.2992537
Coulter, M., McGrane, B., & Woods, C. (2020). ‘PE should be an integral part of each school day’: parents’ and their children’s attitudes towards primary physical education. Education 3-13, 48(4), 429-445. doi:10.1080/03004279.2019.1614644
Cryan, M., & Martinek, T. (2017). Youth Sport Development Through Soccer: An Evaluation of an After-School Program Using the TPSR Model. The Physical Educator, 74, 127-149. doi:10.18666/TPE-2017-V74- I1-6901
Dyson, B., Griffin, L., & Hastie, P. (2004). Sport Education, Tactical Games, and Cooperative Learning: Theoretical and pedagogical considerations. Quest, 56(2), 226-240.
doi:10.1080/00336297.2004.10491823
Ennis, C. (2014). What goes around comes around ... or does it? Disrupting the cycle of traditional, sport-based physical education. Kinesiology Review, 3(1), 63-70. doi:10.1123/kr.2014-0039
Fathurrahman, F., Susanto, H., & Abbas, E. W. (2022). Analisis pembelajaran kooperatif dalam penerapan blended learning masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4475
Fatirani, H. (2022). Penerapan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa smp konsep sistem ekskresi manusia. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 133–143. https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1235
Fauzia, N., & Kelana, J. B. (2020). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan media majalah online menggunakan model kooperatif learning start with a question di kelas V SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 174–181. https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4323
Jones, R., & Turner, P. (2006). Teaching coaches to coach holistically: can Problem-Based Learning (PBL) help? Physical Education and Sport Pedagogy, 11(2), 181-202. doi:10.1080/17408980600708429
Maharani, R. A. S., Susanti, S., Ramadhani, P. N., & Damariswara, R. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Guru PJOK Sebelum dan Sesudah Pandemi di SD Negeri 5 Besole, Besuki, Tulungagung. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 74(1), 95–104. https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.5890
Moy, B., Renshaw, I., & Davids, K. (2016). The impact of nonlinear pedagogy on physical education teacher education students’ intrinsic motivation. Physical Education and Sport Pedagogy, 21(5), 517-538. doi:10.1080/17408989.2015.1072506
Muslim, B. (2021). Meningkatkan prestasi belajar muatan ips siswa kelas iv sd negeri 197/v parit lopon pada pembelaran tematik tema 2 dan tema 3 menggunakan pembelajaran kooperatif learning model mind mapping. Jurnal Ar-Rahmah, 1(1), 10– 20. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i4.94
Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F., De Meester, A., Haerens, L., van Tartwijk, J., & De Martelaer, K. (2019).
Personal and social development in physical education and sports: A review study. European Physical Education Review. doi:10.1177/1356336x19882054.
Rosado, A., & Mesquita, I. (2009). Improve learning by optimizing instruction. In A. Rosado & I. Mesquita (Eds.), Pedagogy of Sport (pp. 69-130). Lisbon: Edições FMH - UTL.
Samin, S. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui kooperatif learning dan kemandirian belajar siswa. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), Samin Samin. https://doi.org/10.30998/fjik.v6i2.3679.g2639
Sofyan. (2020). Pengaruh model cooperative learning tipe student teams achievement division terhadap keterampilan lay-up shoot bola basket. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 690–695. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.740
Suantara, I. M. (2019). Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 3(4), 331–337. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.21796
Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 413. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314
Sumardin, S. (2021). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial melalui penggunaan kooperatif learning model jigsaw pada siswa mts negeri masamba kelas IX a semester i tahun 2014/2015. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.51878/social.v1i2.459
Suryadi, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Shooting Permainan Sepak Bola Melalui Latihan Kekuatan Otot Tungkai. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 237– 246. https://doi.org/10.5281/zenodo.6684431
Suwarningsih, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas I SD Negeri 1 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 580–593. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1466
Tapps, T., Passmore, T., Lindenmeier, D., & Kensinger, W. (2014). High School Physical Education Student's and Experiential Learning in the Community: A Classroom Assignment. Strategies: Journal for Physical and Sport Educators, 27(1), 9-12. doi:10.1080/08924562.2014.858986
Triyudho, R., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Meningkatkan pembelajaran teknik shooting dalam permainan sepakbola menggunakan model pembelajaran team games tournament siswa kelas x ips 2 sma negeri 1 kabawetan. KINESTETIK, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3375
Wanti, M. D., Wati, S., Kamal, M., & Afrinaldi, A. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw oleh guru pai di smk negeri 1 koto baru dharmasraya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 158–171. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1015
Referensi Utama (Buku) :
Metzler, M. (2017). Instructional models for physical education (3rd Edition). Scottsdale, Arizona: Holcomb Hathaway Publishers.
Mosston, M., & Ashworth, S. (2008). Teaching physical education (1st online edition). Retrieved from www.spectrumofteachingstyles.org/ebook
Rink, J. (1993). Teaching physical education for learning. St. Louis: Mosby.
Rosenshine, B. (1979). Content, time and direct instruction. In P. Peterson & H. Walberg (Eds.), Research on teaching: concepts, findings and implications. California: Mccutchan.
Safari, Subhan. 2014. The Effect of STAD for High and Low Motivated Students in Learning Reading Comprehension. Thesis: Semarang State University.
Siedentop, D., Hastie,
P., & van der Mars, H. (2020). Complete guide to Sport Education (3rd ed.). Champaign, IL: Human Kinetics
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.8417
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY