PENGEMBANGAN INDIKATOR INSTRUMEN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI VIDEO SELF ASSESSMENT (VSA) PADA PERMAINAN KASTI SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UM
Abstrak
Keterampilan sosial merupakan upaya meningkatkan suatu pendekatan antar individu dengan melakukan interaksi, komunikasi, partisipasi dalam kelompok. Keterampilan sosial dalam mata pelajaran pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi sangat penting dan menjadi kewajiban guru untuk membantu siswa dalam menciptakan rasa keharmonisan antar makhluk sosial di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan sosial yang dapat memudahkan guru dalam menilai berdasarkan bukti yang nyata. Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan 7 langkah penelitian. Data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil wawancara guru SMP Laboratorium UM. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat mempermudah guru dalam menilai keterampilan sosial berdasarkan bukti yang nyata.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aderibigbe. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI MODIFIKASI. Energies, 6(1), 1–8. Retrieved from http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Bloor, M., & Wood, F. (2016). Purposive Sampling. Keywords in Qualitative Methods, 3–15. https://doi.org/10.4135/9781849209403.n73
Dan, S., Dasar, K., & Bola, P. (2017). JUARA: Jurnal Olahraga. 2(2), 128–142.
Fitriady, G., Sugiyanto, & Sugiarto, T. (2020). Penilaian Online Aspek Kognitif Dalam Pendidikan Tinggi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj
Gunawan, P. A., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 44. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.32090
Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4474
Hery Yuli Setiawan, M. (2016). Improving Early Childhood Social Skills Through Traditional Games. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 1–8.
Husaini, A., & Lestari, S. (2019). Studi kasus tentang siswa yang kesulitan bersosialisasi dengan teman sebaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
JureviÄienÄ—, M., KaffemanienÄ—, I., & RuÅ¡kus, J. (2012). Concept and Structural Components of Social Skills. Baltic Journal of Sport and Health Sciences, 3(86), 42–52. https://doi.org/10.33607/bjshs.v3i86.266
Made, N., Kusadi, R., Sriartha2, P., & Kertih3, W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. TSCJ, 3(1).
Murtafiah, A. (n.d.). Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Banguntapan. 1–29.
Nurmawati, I., & Novitasari, S. (2021). SOSIALISASI PENTINGNYA KETERAMPILAN SOSIAL GURU DALAM. 4(April), 329–333.
Oktaviani, I., & Hamdu, G. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 5, Issue 4). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Parji, P., & Andriani, R. E. (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 14. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.27
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., … Holmes, D. (2019). TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR SETELAH MENERIMA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI NGRANCAH BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 E-JOURNAL. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Sari, P. A., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Model Make A Match Di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda, III(1), 36–40.
Simbolon, E. T. (2018). Pentingnya Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 40–52. Retrieved from https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi anak usia dini. Pdfs.Semanticscholar.Org, 1(1), 31–37.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.
Sriwiyana, H., & Akbar, S.D. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p+show_detail&id=6708.
Umami, I. (2020). UPAYA GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI MTs ROGOJAMPI BANYUWANGI TAHUN 2019. Heritage: Journal of Social Studies |, 1(1), 7.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 87. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8655
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY