Pengaruh model pembelajaran teaching game for understanding (tgfu) dan Direct intruction terhadap permainan bola futsal

ridwan ali arsyad parinduri, dinar dinangsit, anggi setia lengkana

Abstrak


Selaras dengan uraian di atas, maka penulis bermaksud meneliti Model Pembelajaran Teaching Game For Undertsanding (Tgfu) Dan Direct Intruction Terhadap Permainan Bola Futsal. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game For Undertsanding (Tgfu) Dan Direct Intruction Terhadap Permainan Bola Futsal”.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen, dimana pada jenis penelitian ini terdapat perlakuan pada objek penelitian. Penelitian ini adalah penelitian ilmiah karena peneliti menggunakan perlakuan atau treatment yang menyebabkan terjadinya perubahan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi SMA AL-Barkah Cikalongkulon yaitu 60 siswa terdiri dari kelas XI-IPA dan XI-IPS. sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak sebanyak 40 siswa dari kelas XI-IPA dan XI-IPS kemudian akan terbagi menjadi 2 kelompok 20 siswa kelompok TGFU dan 20 siswa kelompok Direct Intruction.Berdasarkan hasil penelitian , dalam kegiatan perlakuan pembelajaran Teaching Game For Understanding (TGFU) dan pembelajaran Direct Intruction terhadap peningkatan permainan bola futsal terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran Teaching Game For Understanding (TGFU) dan pembelajaran Direct Intruction tersebut. metode teaching game for understanding (TGFU) dan direct intruction terhadap permainan bola futsal memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode teaching game for understanding (TGFU) dan direct intruction terhadap permainan bola futsal memiliki pengaruh yang sama.

Kata Kunci: TGFU, DIRECT INTRUCTION, FUTSAL

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad dahlan Muchtar, A. S. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Jurnal Pendidikan, 3, 50-57.

Cresswell, John W, Research Design: qualitative, quantitative and mixed method approaches, London: SAGE Publications, 1994

Crum, B. (2003). To Teach or Not to be, that is The Question : Reflections on The Identity Crisis and The Future of Physical Education (PE). Makalah Di Presentasikan Di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Netherlands : Institute For Social Research. Tilburg University.

Holt, N. L., Strean, William B., Bengoecha, E. G. (2002). Expanding The Teaching Games for Understanding Model : New Avenues for Future Research and Practise. Journal of Teaching in Physical Education. Canada : University Of Alberta.

Pelajaran, Mata. 2016. “Agu Trianda, 2016 UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERMAIN DALAM PERMAINAN FUTSAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.”

Prithandari, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5, 47-56.

Prof.Dr.Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, Dani. 2006. “Dani Setiawan, 2014 Pengaruh Model Teaching Games For Understanding (TTGfU) Dan Model Direct Instruction Terhadap Self-Esteem Dan Keterampilan Bola Voli Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaa.”

Thariq Aziz, Muhammad et al. 2013. “Survei Keterampilan Bermain Futsal Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di Smk Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul.”

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti. Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Firmansyah, Dani . 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015.

Hartinah, Sitti. 2009. Konsep dan Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Herijanto, Budi. 2012. Pengembangan Cd Interaktif Pembelajaran Ips Materi Bencana Alam. Journal of Educational Social Studies, Volume 1, Nomor 1.

Iriyanto, H.D. 2012. Hebat Gurunya Dahsyat Muridnya. Jakarta: Erlangga.

Kunandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mariati, Desak Putu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Shanti Kumara III Sempidi. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan. Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muttagi, Nur Huda.,dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi Dan Media Hyperchem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, Volume 7 Nomor 1.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2 Nomor 1.

Rusmiati. 2017. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo . UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1, No. 1, Februari 2017.

Sidik, Moch Ilham dan Hendri Winata. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 49-60.

narlan, abdul. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwangi, 3(2), 245.

Nugroho, M. D., & Yogyakarta, U. N. (2021). Kontribusi Media Peraturan Permainan dan Sinyal Wasit Berbasis. 6, 172–180.

Suriyani, N. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. 4(3), 330–337.

Barat, S., Ches, P., Dalam, P., Learning, B., Besar, K., & Province, W. S. (n.d.). Pembelajaran tgfu di smk 1 koto besar provinsi sumatra barat peningkatan ches pass dalam permainan bola basket melalui model kooperatif.

Colclasure, B. C., Thoron, A. C., Osborne, E. W., & Roberts, T. G. (2020). Comparing the 5E Method of Inquiry-based Instruction and the Four-Stage Model of Direct Instruction on Students ’ Content Knowledge Achievement in an ENR Curriculum. 61(3), 1–21.

Hasmarita, S., & Artikel, I. (2018). Jurnal Olahraga. 4(1).

Model, P., Terbaru, P., Games, T., & Understanding, F. (2022). Journal Berkarya. 4, 22–29.

Pada, I., Kelas, S., Sma, X. I. I. I.-, & Sitiung, N. (2021). No Title. 8(2), 32–44.

Stockard, J., Wood, T. W., Coughlin, C., & Khoury, C. R. (2018).

The Effectiveness of Direct Instruction Curricula : A Meta-Analysis of a Half Century of Research. 88(4), 479–507. https://doi.org/10.3102/0034654317751919.

Nurlaila, S., & Usman, A. T. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran , Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran penjasorkes.

Alkindi, M. I., Pradipta, G. D., & Zhannisa, U. H. (2021). Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah. 1, 8–14.

Stockard, J., Wood, T. W., Coughlin, C., & Khoury, C. R. (2018). The Effectiveness of Direct Instruction Curricula : A Meta-Analysis of a Half Century of Research. 88(4), 479–507. https://doi.org/10.3102/0034654317751919




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.9562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref