Analisis Pendidikan Nilai pada Konsep Gaya dan Hukum Newton

Rahmat Rizal, Irwan Muhammad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pelajaran (nilai religius, nilai pendidikan, sosial, nilai intelektual dan nilai praktis) dari konsep gaya dan hukum Newton serta memaparkan nilai-nilai Pengembangan Pendidikan Karakter (PPK) dari konsep gaya dan hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yaitu penghimpunan berbagai informasi dari berbagai sumber yang kredibel dalam bentuk buku, artikel, jurnal, ensiklopedia dan berbagai sumber relevan lainnya. Sumber data primer yang digunakan adalah buku-buku dan jurnal-jurnal yang memiliki kredibilitas tinggi, sedangkan sumber data sekunder berasal dari referensi data yang mendukung sumber data primer. Konsep gaya dan hukum Newton yang dipelajari pada jenjang SMA memiliki sejumlah nilai-nilai pelajaran dalam bentuk nilai religius, nilai pendidikan, nilai sosial, nilai intelektual, dan nilai praktis. Selain itu konsep gaya dan hukum Newton juga memiliki nilai-nilai pengembangan pendidikan karakter dalam bentuk nilai religius, nilai toleransi, demokratis, dan nilai kejujuran. Nilai-nilai tersebut sebaiknya tersampaikan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran bukan hanya penguatan kemampuan kognitif saja tetapi juga melibatkan penguatan sikap. Hasil analisis pendidikan nilai terhadap konsep gaya dan hukum Newton diharapkan menjadi bahan yang dapat menginspirasi penanaman nilai-nilai positif dalam pembelajaran fisika

Keywords


Pendidikan nilai, Gaya, dan Hukum Newton

Full Text:

PDF

References


-. (2009). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Pustaka Al-Fatih.

Agus, Y., Iis, N., & Afrizal, M. (2020). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel rumah tanpa jendela karya Asma Nadia.Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 110–123.

Agus, F. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Budiman, D. M., Gumilar, S., & Rizal, R. (2018). Focus, Explore, Reflect and Apply (FERA) Learning Model: Developing Science Process Skills for Pre-Service Science Teachers. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 131–139. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.2920

Fitriani, S. (2020). Analisis: Jurnal Studi Keislaman Keberagaman dan Toleransi Antar Umat BeragamaJurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192.

Izwar, M., Rusdiawan, R., & Gunayasa, I. B. (2019). Nilai Sosial dan Nilai Politik dalam Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 14(3), 431. https://doi.org/10.14710/nusa.14.3.431-440

Kuliyatun, K. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Pesrta Didik Di Sma Muhammadiyah 01 Metro Lampung. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 180. https://doi.org/10.24127/att.v3i2.1126

Muharam, R. S. (2020). Membangun Toleransi Umat Beragama di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal HAM, 11(2), 269. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.269-283

Nasional, D. P. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. In Undang-Undang No. 20 tahun 2003.

Rizal, R. (2018). Mitos dan Eksplanasi Ilmiah Lembayung Senja. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 16–22.

Rizal, R., Rudiana, D., Setiawan, W., Surahman, E., & Ridwan, I.M . (2021). Digital literacy and cognitive abilities of preservice physics teacher in physics for school course using LMS3 : How are the both correlated ?, Journal of Physics: Conference Series, 2098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2098/1/012011

Rizal, R., Susanti, E., Sulistyaningsih, D., & Budiman, D. M. (2020). Desain Evaluasi Program Pelatihan Guru Fisika Profesional. 2(1), 30–37.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.

Sobarna, A. (2003). Nilai-nilai demokrasi sebagai dasar partisifatif. E-Journal UNISBA, XIX(3), 316–329.

Sri Langgeng, R., Wanda Novita, S., Yentina, S., Ervin Nora, S., & Gandhi, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya Skripsi. National Conference on Accounting & Finance, 4(2019), 440–448. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol4.art55

Sumantri. (n.d.). Pengantar Ilmu. Rineka Cipta.

Suroso, A. Y. (2011). Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Mughni Sejahtera.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Yulianti, Q., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.10027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmat Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats