DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics adalah jurnal peer-review ber-ISSN 2685-7723 yang terbit dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi dan bekerja sama dengan Himpunan Fisika Indonesia/Physics Society of Indonesia. Digital Object Identifier (DOI) yang diterbitkan oleh Crossref adalah http://dx.doi.org/10.37058/diffraction.
Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi nomor 0041/E5.3/HM.01.00/2023 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2022, Jurnal ini terakreditasi SINTA Peringkat 4.
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Appplied Physics adalah forum ilmiah untuk menyampaikan kemajuan ilmiah di fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi:
- Pembelajaran fisika
- Penilaian pendidikan fisika
- Pengembangan media dan bahan ajar fisika
- Fisika terapan
____________________________________________________
INFORMASI JURNAL
- Nama Jurnal: DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
- Inisial: Diffraction
- Singkatan: Diff.: J. Phy. Ed. App. Phy.
- ISSN (online): 2685-7723
- OAI: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/oai
- DOI: http://dx.doi.org/10.37058/diffraction
- Editor in Chief: Dr. Rahmat Rizal, M.Pd.
- Frekuensi Terbitan: dua kali setahun (Juni dan Desember)
- Penerbit: Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi berkolaborasi dengan Himpunan Fisika Indonesia
____________________________________________________
DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics telah terindeks
Vol 6, No 2 (2024)
Table of Contents
Article
Profil Praktikum Energi Terbarukan di Sekolah dan Kebutuhan Perangkat Praktikum Berbasis Sel Surya Menurut Perspektif Guru Fisika
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.12808
| Abstract views : 21 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 16 times
Entang Entang, Judhistira Aria Utama, Winny Liliawati
|
58-64
|
Pembuatan Alat Praktikum Gerbang Logika Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Elektronika Dasar II
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.12552
| Abstract views : 22 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 8 times
Anis Fauziyah, Novia Ayu Sekar Pertiwi, Ino Angga Putra
|
65-74
|
Analisis Keberhasilan Penggunaan E-Learning pada Pembelajaran Fisika Kelas X MIPA di SMAN 4 Tasikmalaya
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.10220
| Abstract views : 12 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 5 times
Milda Maulida, Salsabilla Berlianna Putri, Hendra Irawan, Rifa'atul Maulidah, Rahmat Rizal
|
75-82
|
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Percepatan Sentripetal dan Gaya Sentripetal Menggunakan Dua Metode Pembelajaran Berbeda
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.10293
| Abstract views : 17 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 7 times
Junitasari Junitasari, Yuvita Oktarisa, Rahmat Firman Septiyanto
|
83-90
|
Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Siswa SMA
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.13588
| Abstract views : 20 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 12 times
Annisa Dira, Wayan Suana, Dimas Permadi
|
91-104
|
Pengembangan Instrumen Penilaian Tema Pemanasan Global untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMA
DOI : 10.37058/diffraction.v6i2.12473
| Abstract views : 21 times |
PDF (Bahasa Indonesia) views : 7 times
Andhiani Eka Kusumawati, Supahar Supahar, Irvany Nurita Pebriana
|
105-113
|