Penerapan Model PSP (Problem Solving Based Prezi) untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Siswa

Nenden Sri Rahayu

Abstract


Riset ini dilakukan karena rendahnya critical thinking skills siswa dalam memecahkan permasalahan pada mata pelajaran fisika. Rendahnya critical thinking skills siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang dipakai para guru yang belum berpusat pada siswa. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam riset ini, dimana kelas X-MIA 2 selaku kelas eksperimen dan kelas X-MIA 3 selaku kelas kontrol. Teknik sampling dilakukan secara langsung, dengan melihat kriteria tertentu yang dibutuhkan oleh peneliti. Instrumen penelitian yang dipakai berupa pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan critical thinking skills siswa. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan critical thinking skills siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan.

Keywords


Keterampilan abad-21, model pembelajaran, model problem solving, pembelajaran fisika, Prezi.

Full Text:

PDF

References


Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Dinissjah, M. J., Nirwana, N., & Risdianto, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 99–104. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.99-104

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32

Lestari, Y. N., Swistoro, E., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.121-128

Liska, Ruhyanto, A., & Eka Yanti, R.A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 161-170.

Mardiyanti, N. E. A., & Jatmiko, B. (2022). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 328. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5281

Maubana, W. M., & Sakbana, R. S. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Diffraction, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2432

Muhajir, S. N., Utari, S., & Suwarma, I. R. (2019). How to develop test for measure critical and creative thinking skills of the 21st century skills in POPBL? Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032051

Maliawan, I. N., I. P. S. Arsa, dan K. U. Ariawan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan (Fisika Terapan) pada Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal JPTE Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4(1)

Ristiasari, T., Priyono, B., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J.Biol.Educ, 1(3), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb

Pramudita, D.A., Supandi, & Zuhri, M.S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pamotan. Jurnal Matematika dan Pendidikan.

Saepuzaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). ISSN : 2338-1027 Februari 2019 Jurnal Wahana Pendidikan Fisika ( 2019 ) Vol . 4 No . 1 : 89-105 Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 ( 4Cs ) Siswa SMP. 4(1), 89–105.

Sariyatun, E. S. &. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad-21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). 3(1), 18-27.




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.7446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nenden Sri Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats