Pengembangan Media Macromedia Flash Berbasisi Model Kontekstual Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Bukit Sundi

Indah Sepriyanti, Husna Husna, Iing Rika Yanti

Abstract


Penggunaan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran interaktif yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, dalam penggunaan teknologi berupa media pembelajaran masih kurang digunakan pendidik di dalam proses pembelajaran. Sehingga untuk keaktifan peserta didik belum maksimal selama proses pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan media pembelajaran macromedia flash berbasis model kontekstual sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan dan minat peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Anlyze, Design, Develop, Implement and Evaluate). Hasil yang diperoleh adalah media yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan persentase 85,8 % dan terkategori sangat praktis dengan persentase 94,9%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran macromedia flash berbasis model kontekstual terkategori sangat valid dan sangat praktis.


Full Text:

PDF

References


Agustina Dwi Astuti, I., Sumarni, R.A., & Sarawati, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. JPPPF – Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3, 57-72

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The Addie . In Department Of Educational Psychology An Instructional Technology University Of Georgia (Vol. 53, Issue 9). USA: University Of Georgia.

Fatmi, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1), 47-52.

Fahmi, S. & M. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia flash Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa Pada Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.

Idris, S. F., & Suhendi, H. Y., (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif “GEMBI†Umtuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. DIFFRACTION: Journal For Physic Edcation And Applied Physic. 5(1), 24-36.

Kemendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pedoman Guru Mata Pelajaran Fisika Untuk: Sekolah Menengah Atas (SMA) /Madrasah Aliyah (MA). Badan penelitian dan pengembangan pusat kurikulum dan perbukuan, 59(9), 1689–1699

Kurniawan, R., Husna., & Helendra. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. JREFS (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains). 2(2), 115-124

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Milinia, G., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis android pada materi gelombang bunyi dan cahaya. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). 10(2), 271-286.

Novia, Husna, and Rahmi Zulva. 2021. “Pengembangan LKPD Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Berorientasi Problem Based Learning.†4(2):214–21.

Romadhan, A., & Rusmianto, P. W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikanteknik Elektro, 04(02), 451–456.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E., Rizal, R., & Sulistyaningsih, D. (2021). Usability of Screencast in 1st Basic Physics Lectures During the Covid-19 Pandemic: Student’s Perception Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 459-465.

Sutriyono, Fitriyana, N., & Adha, I. (2020). Pengembagan Media Pembelajaran Matematika Macromedia flash Berbasisi Pendektan Kontekstual Pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 44–49.

Wulandari, N., & Perdana, R., (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe stad dengan metode praktikum berbantuan alat peraga ayunan bandul sederhana. DIFFRACTION: Journal For Physic Education And Applied Physic. 5(1), 17-23.

Yanti, I. R & Meriko, L. (2014). Validasi Pengembangan Modul Fisika Dasar Berbasis Problem Based Instruction Untuk Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. JREFS (Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains). 1(1), 33-41.

Yanti, I. R., Trisna, S., Usmeldi & Ramli. (2016). Preliminary Research Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Matematika di STKIP PGRI Sumatera Barat. Seminar Nasional Fisika (E-Jornal)/SNF2016. Vol.V




DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v5i2.8614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indah Sepriyanti, Husna Husna, Iing Rika Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini terindeks oleh:

Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Siliwangi

Gedung FKIP lantai 1, Jl. Siliwangi No. 24, Kota Tasikmalaya - 46115

email: diffraction.fisika@unsil.ac.id

DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics

terlisensi creative commons attribution-share alike 4.0 international

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View DIFFRACTION's Stats