Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
Abstract
Pengembangan LKPD ini didasarkan pada permasalahan yang ada di MAN Kota Magelang, bahwa bahan ajar yang digunakan masih berupa LKPD secara umum, dalam artian LKPD berasal dari penerbit dan guru hanya tinggal memberikan kepada pesera didik. Tujuan penelitian iini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis project based learning  pada materi ekosistem serta untuk melihat pengaruhnya terhadap kemamouan berpikir tingkta tinggi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1989) kemudian dilanjutkan dengan penelitian quasy eksperiment. Berdasarkan hasil analisis validasi dari ahli media dan materi, diperoleh rata-rata 3,2 yang menunjukan LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan. Sedangkan hasil Uji t berdasarkan nilai pretest dan posttest  menghasilkan nilai thitung sebesar 5,589 dan nilai ttabel untuk df 58 adalah sebesar 2,001. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung>ttabel, yaitu nilai thitung = 5,589 dan nilai ttabel =2,001 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Keywords
LKPD; Project Based Learning; Kemampuan berpikir tingkat tinggi
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i2.10079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by