Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Materi Sistem Koordinasi Manusia

Nurul Fadhilah H.M, Andi Tenri Ola Rivai, Syamsul Syamsul

Abstract


Abstrak
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) berdasarkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu AnalyzeDesignDevelopImplement dan Evaluate. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan media. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Takalar kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Kevalidan media sebesar 3,80 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media yang diperoleh melalui respon guru yakni 95,31% dan respon siswa yakni 85,18% dengan kategori yang sangat praktis. Dari 30 total peserta didik, 27 diantaranya memperoleh nilai yang berada sesuai target KKM (90%) dan 3 diantaranya memperoleh nilai yang tidak sesuai target KKM (10%). Nilai rata-rata N-gain skor yang diperoleh peserta didik yakni 0,72 dan berada pada kategori (0,7 g ≤ 1) maka dapat dikatakan bahwa  peningkatan hasil belajar peserta didik tergolong tinggi.
 
Abstract

This research is included in the type of research and development or Research and Development (R&D) based on the ADDIE development model which consists of five steps, namely Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate. This research aims to develop learning media, determine the level of validity, practicality and effectiveness of the media. This research was conducted at SMA Negeri 2 Takalar class XI IPA 1, totaling 30 students. The media validity is 3.80 with a very valid category. The practicality of the media obtained through the teacher's response is 95.31% and the student response is 85.18% with a very practical category. Of the 30 total students, 27 of them got scores that were within the KKM target (90%) and 3 of them got scores that didn't match the KKM target (10%). The average N-gain score obtained by students is 0.72 and is in the category (0.7 g 1), so it can be said that the increase in student learning outcomes is high.


Keywords


Research and development; learning media; Articulate Storyline 3 app; human coordination system

References


Amiroh (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Pustaka Ananda Srva.

Cholilawati (2021). Teori Warna - Penerapan Dalam Fashion. Bandung : PT Panca Terra Ferma. https://books.google.co.id/books?id=DMM0EAAAQBAJ

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2019). Efektifitas Media Pembelajaran berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. Algoritm. J. Math. Educ, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Enterprise, J. (2021). Jadi YouTuber A-Z (Update Version). Jakarta : Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=m14zEAAAQBAJ

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. USA. AREA-D American Education Research Association’s Devision. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hartanto, S., M. P. T. (2020). Mobalean Maning (Model Pembelajaran Berbasis Lean Manufacturing. Yogyakarta : Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=LV8MEAAAQBAJ

Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, M. P. R. E. H., & Kp, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta : Tahta Media Group.

Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta’dib, 16 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Hidayati, N. (2017). Efektivitas pembelajaran menggunakan multimedia interaktif (Adobe Flash CS6) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Jurug Sewon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3). DOI: 10.30738/trihayu.v3i3.1883

Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.

Huda, A., (2019). Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop Dan Sablon Digital). Padang : UNP PRESS. https://books.google.co.id/books?id=mDUQEAAAQBAJ

Lestari, P. I., Riyanti, R., Murti, W., Ernawati, E., Nur, R. A., & Ilham, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Eco Garbage Enzyme Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biotek, 9(1), 60–74. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/20135

Rivai, A. T. O. (2019). Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Peningkatan Hasil Belajar. Seminar Nasional Biologi, 151-156. Makassar : Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10527

Safitri, S. A. N. et al. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Pemrograman Dasar Bahasa C. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11, 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/47326

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Shafira, A., Rosayanti, F., & Baedowi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Konsep Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV. JANACITTA, 1(2). DOI: http://dx.doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.20

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Sodiq, M. Y. F., Sholihah, M., & Anggraini, D. P. (2021). Media Dominasi (Domino Sistem Koordinasi) untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 99–107. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i2p99-107

Stephen, A. (2007). File Piracy. Jakarta : Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=SU1bDwAAQBAJ

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta.

Sulistyorini, D. (2010). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar pada siswa kelas v sdn sawojajar v kota malang. J-TQIP: Jurnal Peningkatan Kualitas Guru, 1(1), 12–19.https://docplayer.info/29874601-Peningkatan-keterampilan-menulis-puisi-dengan-media-gambar-pada-siswa-kelas-v-sdn-sawojajar-v-kota-malang.html

Thouids, M. (2015). How to Desain World Class Slide Presentation. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=eqJLDwAAQBAJ

Widoyoko, E. P. (n.d.). Evaluasi program pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i2.10083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING