Pengembangan Media Game Bermuatan Sustainability Pada Pembelajaran Materi Annelida Dan Echinodermata untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sustainability dan Pemahaman Konsep Siswa SMA
Abstract
Keywords
References
Anbia, W. (2013). Survey Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3): 1 – 14. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/4376
BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. [Online] Diakses tanggal 7 November 2022 dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf
Gunamantha, I. M. (2010). Life Cycle Assessment Pilihan Pengelolaan Sampah: Studi Kasus Wilayah Kartamantul Propinsi D. I. Yogyakarta (Life Cycle Assessment of Solid Waste Management Options: Case Study of the Kartamantul Regions, Province of D. I. Yogyakarta). Jurnal Manusia dan Lingkungan. 17(2): 78–88.
Haviz, M. (2013). Research and development: penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna, 16(1), 28–43. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Junaidi, Muhammad. (2013). Korporasi dan Pembangunan Berkelanjutan. Bandung: Alfabeta.
Kartini. Fatimah. (2015). Ini Kebiasaan Pengguna Andorid di Indonesia. Kompas [diakses tanggal 11 Januari 2017].
Kustandi, Cecep., Bambang Sutjipto. (2016). Media Pembelajaran; Manual Dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Maesaroh, Siti. (2017). Pengaruh Media Game Offline Bermuatan Sustainability Dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pertahanan Tubuh Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa Kelas XI. Skipsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Mangunjaya, F., Alikodra, H., Amin, A., & Abbas, A. (2013). Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Santri Terhadap Pembangunan Berkelanjutan (The Status of Environmental Awareness in Islamic Boarding School Students to the Concept of Sustainable Development). Media Konservasi, 18(3), 127–134. https://doi.org/10.29244/medkon.18.3.%25p
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi Gp Press Group.
Nainggolan, Sintong. (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep di SMP Negeri 1 Bilah Barat untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, volume 1(1), 18-26. ISSN: 2356-2595.
Pinasthika, C., Haryono, T., & Pratiwi, M. S. (2013). Aktifitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan LKS Berbasis WEB Materi Kingdom Animalia. BioEdu, 2(3), 293–298. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Aksara.
Priyanto Y., Djati, M. S., & Fanani, Z. (2013). Pendidikan Berspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan Enviromental Perspective Education Towards Sustainable Development. https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/262
Riyanti, L. D. (2017). Penggunaan E-Magazine Bermuatan Sustainability Pada Pembelajaran Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sustainability Dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D). Bandung: Alfabeta.
Riduwan, & Akdon. (2012). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. (Z. Arifin, Ed.) (Kelima). Bandung: ALFABETA.
Suprastowo, & dkk. (2010). Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Kegiatan Intrakurikuler. (Nadiroh & dkk, Eds.). Jakarta: Balitbang Kemendiknas.
Syahdiani, Kardi, S., & Sanjya, I. G. M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 727–741. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741
Prabowo, C. A., Dwiastuti, S., & Triyanto, S. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Game Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 266–276. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3948
Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i2.10084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by