Pengembangan Media Game Bermuatan Sustainability Pada Pembelajaran Materi Annelida Dan Echinodermata untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sustainability dan Pemahaman Konsep Siswa SMA

Priyantoro Priyantoro, Eny Hartadiyati, Praptining Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media game bermuatan sustainability terhadap sikap peduli sustainability dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dilakukan pada skala uji terbatas. Teknik pengumpulan data melalui penilaian tes pemahaman konsep dan angket sikap peduli sustainability. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengembangan media game bermuatan sustainability divalidasi oleh beberapa ahli dengan mendapat nilai dari ahli media sebesar 87,5 % (sangat layak), ahli materi sebesar 92,86% (sangat layak), dan ahli sustainability sebesar 75 % (layak dengan sedikit revisi). Adapun kepraktisan media dikatakan praktis dari tanggapan positif guru mencapai 100% (baik sekali) dan siswa sebesar 86% (baik sekali). Sedangkan keefektifan media untuk peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan uji N-Gain memiliki persentase kelas eksperimen sebesar 68% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 37% (tidak efektif). Hasil anakova menunjukkan sig. 0,000 yang berarti bahwa ada pengaruh perbedaan penggunaan media terhadap perubahan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan, berdasarkan uji independent samples t-test nilai sig (2-tailed) adalah 0,002 yang berarti ada perbedaan rata-rata nilai posttest dan lebih tinggi kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game bermuatan sustainability yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan sikap peduli sustainability dan pemahaman konsep siswa.

Keywords


Media game, sustainability, pemahman konsep, sikap peduli sustainability

References


Anbia, W. (2013). Survey Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(3): 1 – 14. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/4376

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI versi 01 Tahun 2010. [Online] Diakses tanggal 7 November 2022 dari https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/06/paradigma-pendidikan-nasional-abad-xxi.pdf

Gunamantha, I. M. (2010). Life Cycle Assessment Pilihan Pengelolaan Sampah: Studi Kasus Wilayah Kartamantul Propinsi D. I. Yogyakarta (Life Cycle Assessment of Solid Waste Management Options: Case Study of the Kartamantul Regions, Province of D. I. Yogyakarta). Jurnal Manusia dan Lingkungan. 17(2): 78–88.

Haviz, M. (2013). Research and development: penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna, 16(1), 28–43. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Junaidi, Muhammad. (2013). Korporasi dan Pembangunan Berkelanjutan. Bandung: Alfabeta.

Kartini. Fatimah. (2015). Ini Kebiasaan Pengguna Andorid di Indonesia. Kompas [diakses tanggal 11 Januari 2017].

Kustandi, Cecep., Bambang Sutjipto. (2016). Media Pembelajaran; Manual Dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Maesaroh, Siti. (2017). Pengaruh Media Game Offline Bermuatan Sustainability Dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pertahanan Tubuh Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa Kelas XI. Skipsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Mangunjaya, F., Alikodra, H., Amin, A., & Abbas, A. (2013). Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Santri Terhadap Pembangunan Berkelanjutan (The Status of Environmental Awareness in Islamic Boarding School Students to the Concept of Sustainable Development). Media Konservasi, 18(3), 127–134. https://doi.org/10.29244/medkon.18.3.%25p

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi Gp Press Group.

Nainggolan, Sintong. (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep di SMP Negeri 1 Bilah Barat untuk Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, volume 1(1), 18-26. ISSN: 2356-2595.

Pinasthika, C., Haryono, T., & Pratiwi, M. S. (2013). Aktifitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Menggunakan LKS Berbasis WEB Materi Kingdom Animalia. BioEdu, 2(3), 293–298. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Pribadi, Benny A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Aksara.

Priyanto Y., Djati, M. S., & Fanani, Z. (2013). Pendidikan Berspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan Enviromental Perspective Education Towards Sustainable Development. https://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/view/262

Riyanti, L. D. (2017). Penggunaan E-Magazine Bermuatan Sustainability Pada Pembelajaran Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sustainability Dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Sugiyono. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D). Bandung: Alfabeta.

Riduwan, & Akdon. (2012). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. (Z. Arifin, Ed.) (Kelima). Bandung: ALFABETA.

Suprastowo, & dkk. (2010). Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan Kegiatan Intrakurikuler. (Nadiroh & dkk, Eds.). Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Syahdiani, Kardi, S., & Sanjya, I. G. M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 727–741. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741

Prabowo, C. A., Dwiastuti, S., & Triyanto, S. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Game Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 266–276. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3948

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i2.10084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING