Discovery Learning Berbantu Video Ekosistem Taman Hutan Rakyat Wan Abdul Rachman Lampung dan Efektifitasnya terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Tanggung jawab Siswa
Abstract
Keywords
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208
Agustina, M. D., Hudha, M. N., & Kemala, F. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 1–10.
Ahmad, J., Sritharan, G., & Nasir, N. N. A. M. (2020). The effectiveness of video and pamphlets in influencing youth on environmental education. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 31(1), 281–296. https://doi.org/10.17576/jkmjc-2015-3101-15
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 3(2), 59–63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index%0Ahttp://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/632
Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151
Asholahudin, M., Syichabudin, I., & Solihin, D. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Dimensi Pengetahuan Konseptual Peserta didik melalui Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi media Pembelajaran KineMaster. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 536–542. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.310
Handayani, W., Sa’diyah, M., & Suhandi, T. (2019). Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MI I’anatusshibyan 1. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(1), 1–16. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/461
Handoko, & Darmawan, A. (2015). Perubahan Tutupan Hutan Di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR). Jurnal Sylva Lestari, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.23960/jsl2343-52
Kemdikbud RI. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.
Khaeruddin, Ibrahim, M., & Supardi, Z. A. I. (2017). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(1), 6. https://doi.org/10.26740/jpps.v1n1.p6-18
Lestari, P. A., Suadnyana, I. N., & Asri, A. S. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176–181. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400
Luong, P. Van, & Van, V. H. (2021). Education Responsibility Protection Environmental For Students : Duties , Requirements And Necessity. 27(1), 155–166.
Mastuang, Erliana, E., Misbah, & Miriam, S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 132–143.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Pratiwi, E. M., Gunawan, & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466
Rahmawati, A., Ariyanto, J., & Sari, D. P. (2018). Profil Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA SMA X Surakarta. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 554–558.
Romlah, S. A., & Andi, H. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Eduscience, 8(2), 1–5.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135–146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. ., & Suastra, I. . (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep Ipa dan sikap ilmiah siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wiono, W. J., & Meriza, N. (2022). Environmental Issues-based Discovery Learning to Enhance Metacognitive Awareness and Students’ Higher-Order Thinking Skills. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.24042/tadris.v7i1.10464
Yudiyanto, Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187–195. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by