Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia
Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu penilaian yang digunakan di Indonesia sebagai upaya untuk dapat meningkatkan perkembangan pendidikan di tingkat internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes tertulis berupa soal esai sebanyak 12 soal yang sudah valid dan reliabel. Data hasil penelitian dibagi ke dalam 5 kategori, yaitu kategori kurang sekali 92%, kategori kurang 4%, kategori cukup 0%, kategori baik 4% dan kategori sangat baik 0%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa HOTS siswa kelas VIII di SMP secara umum masuk ke dalam kriteria kurang sekali. Faktor yang menyebabkan HOTS siswa pada kriteria kurang sekali yaitu siswa kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal HOTS, kurang mengerti terhadap materi yang diajarkan dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, kurang teliti dalam proses pengerjaan soal dll. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan HOTS siswa adalah melalui beberapa saran terkait upaya meningkatkan HOTS siswa, berupa solusi dari dugaan penyebab sebelumnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran STEM. Saran menggunakan model pembelajaran ini hanya salah satu saran. Bisa saja sarannya perlunya latihan soal HOTS yang berulang-ulang, dll.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Anwar, M. & Puspita, V. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD IT Adzkia. Conference: Seminar Nasional PGSD: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an. Universitas Negeri Padang.
Retrieved From: Https://www.researchgate.net/publication/329164521_
Apandi, idris. (2017). Pembelajaran dan Penilaian HOTS. Available From: https://www.kompasiana.com/idrisapandi/pembelajaran-dan-penilaian hots_58d8e31e8d7a61cc217f38c2.
Arikunto, S. (2012).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Facione, P.A. (2015). Critical Thinking: What it Is and Why It Counts. Hemosa Beach: Measured reasons LLC. Available From: Https://www.researchgate.net/251303244
Gais, Z. & Ekasatya, A.A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking ditinjau dari Kemampuuan awal matematis siswa. Jurnal “Mosharafaâ€, 6, 2,255-266. Doi: 10.31980/mosharafa.v6i2.313
Hajar, Y., Ridwan, Y., Muhammad, A.J., Naskia, A., Gita, S.I., Wahyu, H. & Euis, E.R. (2018). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking (HOT) Siswa SMP Negeri Kota Cimahi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3, 1, 453-458. doi: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p453-458
Hamidah, Luluk. (2018). Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Ichsan, I.Z., Diana, V.S., Mieke, M., Ahmad, A., Wiwin, P.A. dan Trio, A.P. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8,4, 935-942. doi: 10.12973/eu-jer.8.4.935
Isbandiyah, siti & Anwar Sanusi. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Biologi. https://pascaldaddy512.com/wp-content/uploads/2020/02/16
Ismaluddin. (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) ditinjau dari Self-Efficacy Siswa (Skripsi, Universitas Lampung. Retrieved From: http://digilib.unils.ac.id/54726/
Kurniati, D., Romi, H., dan Nur, A.J. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20, 2, 142-155. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Kusuma, M.D., Undang, R., Abdurrahman & Agus, S. (2017). The development of higher order thinking skills HOTS instrument assessment in physics study. IORS Journal of Research & Method in Education (IQSR-JRME), 7, 1, 1-7. doi: 10.9790/7388-070103xxxx
Lewis, A & Smith, D. (2009). Defining Higher Order Thinking. Journal Theory Into Practice, 32, 3, 131-137. Doi: https://doi.org/10.1080/0040584930954358
Madhuri, G. V., Kantamreddi, V. S. S. N., dan Goteti, L. N. S. P. (2012). Promoting higher order thinking skills using inquiry-based learning. European Journal of Engineering Education, 37, 2, 117-123.doi: https://doi.org/10.1080/03043797.2012.661701
Maharani, Intan & Sumardi. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Keterampilan Berpiir Tingkat Tinggi (HOTS) Materi Peluang Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jatiputno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019 (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta). Retrieved From: http:/eprints.ums.ac.id/78345/
Newman, F.M. & Wehlage, G.G. (1993). Retrieved From:
http://-mathdepartment.wiki.Farmington.k12.-mi.us.
Niati, ica. (2019). Penilaian Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 (Skripsi, Universitas Lampung, Lampung). Retrieved From: http:// digilib.unila.ac.id/id/eprint/58156
Permana, R.H. (2019, Desember). Survei Kualitas Pendidikan PISA: RI Sepuluh Besar dari Bawah. https://m.detik.com/news/berita/d-4808456/
Puspaningtyas, N.A. (2018). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8, 2, 134-141. Retrieved From: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php
Saputro, Trimo. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tangamus (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung). Retrieved From: http://repositoryradenintan.ac.id/id/eprint/798
Shidiq, A. S., Mohammad, M. dan Elfi, S.V.H. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Two- Tier Multiple Choice untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Orther Thinking Skills) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3, 4, 83-92. Doi: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4507/33114
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thomas, A. & Thorne, G. (2009). Higher Level Thinking-It’s HOT!. Retrieved From:
http:/www.cdl.org/articles/higherorder-thinking-its-hot.
Yuliati, S.R. & Lestari, I. (2018) Higher-Orther Thinking Skills (HOTS) Analysis of Students In Solving HOTS Question In Higher Education. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32, 2, 181-188. Doi: https://doi.org/10.21009/pip.322.10
DOI: https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by