Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kooperatif tipe Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Santa Maria Maumere Tahun Ajaran 2019/2020. Pengaruh yang dilihat adalah hasil belajar dan keterampilan proses sains setelah diberikan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan Number Head Together. Hasil belajar siswa yang diukur adalah tes hasil belajar kognitif dengan bentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal sedangkan tes keterampilan proses sains dengan menggunakan angket yang terdiri dari 20 butir angket. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif yaitu 0,125 > 0,05 dan keterampilan proses sains 1,9. model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adirestuty, F., & Wirandana, E. (2016). Pengaruh Selft-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 3(2), 158-165. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i2.4017
Alni Rahmawati, et al. (2014). Statistika Teori dan Praktek Edisi II. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.
Amin, Saiful. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem BasedLearning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi). Volume 4 (3): 25-36.
Anggraeni, M.D dan Sole, B.F. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA).
Emrisena A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basde Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Diinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Lampung.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan kemampuan belajar kelompok. Bandung; Alfabeta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2012. Keberhasilan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.hht://kemendikbud.go.id/kemendikbud/artikel- mendikbud-kurikulum2013.
Koestiningsih, Noer. (2011).Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problembased learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Janah, M. C., Widodo, M. T., Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 12. No.1: 2097-2107.
Mulyana et al. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1: 331-340.
Pangestu. A. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Pratikum Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Permendikbud No.65 Tahun 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Delia Perss: Jakarta.
Nasrudin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Man Kota Mojokerto. Unesa Journal Of Chemical Education. Vol.7. No.3: 340-343.
Rusmiyati, A dan Yulianto, A (2009). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based-Inctruction. Jurnal Pendidikan Fisika: 75-78.
Sari, NA dan Harahap, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di Kleas XI-PMS SMA Negri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan Vol.3. No.3 : 29-39.
Semiawan, C. (1992). Pendidikan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Sinulingga, K dan Batubara, F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Inpafi. Vol.2. No.2 : 49-54.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuanitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanti, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta- Indonesia.
Tyas, K.T, Tri Jalmo dan Rini R.M., (2015). “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswaâ€. Pendidikan biologi, FKIP Universitas Lampung 2015. pp 20-38.
Wenno. I.H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
Yorisno, Florianus. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Siswa Kelas 4 SDN Randuacir 02 Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Salatiga: UKSW Salatiga.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by