Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, M. Nurhadi., Rasyidin, Al., dan Imran, Ali. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Biologi di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Jurnal Uinsu Edu Riligia, 1(4).
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/1067
Arifin, Z., dan M. S. Zuhrie. (2016). Pengembangan Trainer dan Jobsheet Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol di Jurusan Elektronika Industri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bangil. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), Universitas Negeri Surabaya.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/14057
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, ISSN: 2654-8607, 93-97.
http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id
Haka, Nukhbatul Bidayati., & Suhada. (2018). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android untuk Peserta Didik Kelas XI ditingkat SMA/MA. Journal of Biology Education, 1(1), ISSN: 2615-3947.
http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jbe
Herawati, Wahyuni., dan Prihatin, Jekti. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Media Komik pada Materi Pengelolaan Lingkungan Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember). Pancaran, 3(3).
http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/764
Indy, Ryan., Waani, Fonny., dan Kandowangko. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kaudit Kabupaten Minahasa Utara. Journal Of Social and Culture, 12(4), ISSN: 1979-0481.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Irfana, Naily., Iswari Sri Retno., dan Martin, Putut. (2017). Pengembangan Komik Digital “Let’s Learn About Virus†sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA. Journal of Biology Education, 6(3), Universitas Negeri Semarang.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/21083
Mohid, Siti Zaaharah., Joha, Mohammad Hazizy Mohd., Sofi, Azfi Mohammad., Rahman., dam Khalid, Nurkhaliza. (2015). Reka Bentuk dan Pembangunan Komik Digital Interaktif dalam Pendidikan. Proceeding of IC-ITS e-ISBN: 978-967-0850-07-8. Kuala Lumpur Malaysia.
http://dokumen.tips/documents/reka-bentuk-dan-pembangunan-komik-digital-interaktif-dalam-.html
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 11(2).
http://doi.otg/10.35905/kur.v11i2.728
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Nilai Islam, XXVIII(3), Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Nurinayati, Fitri., Sartono, Nurmasari., dan Evriyani, Dian. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik Digital pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. Jurnal Biosfer , VII (2).
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/download/5612/4194/
Purnama, Unty Bany., Mulyoto, Deny Tri Ardianto. (2015). Penggunaan Media Komik Digital dan Gambar Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal TEKNODIKA, 13(2).
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/teknodika/article/view/6793/4649
Ramayulis, H. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramlan, Haeruddin, & Kamaluddin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi Dengan Model Pembelajaran Bebasis Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2), 12–17.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2388/1683
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setyaningsih, Harum Aris., Winarno, Muh Hendri Nuryadi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar Ppkn Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran dan Upaya Penegakan HAM. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan IIndonesia (ISPI) Jawa Tengah 3(2).
http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2017/02/Harum-Win-129-140.pdf
Sugian Noor. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyudin, Achmad Yudi., Daud, Jepri., Simamora, Martha Widiawitasari., Pratiwi, Irma Widya., dan Rima, Alfa. (2020). Penggunaan Komik Digital TOONDOO dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Journal of Social and Technology for Community Service (JSTCS), 1(1). Universitas Teknokrat Indonesia.
http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Wahyuningsih, Ary Nur. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovation Science Education, 1(1), Universitas Negri Semarang.
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1533
Yuliana., Siswandari., dan sudiyanto. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akutansi pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2).
http://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by