Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Agi Septiari Narestuti, Diah Sudiarti, Umi Nurjanah

Abstract


Keberhasilan pembelajaran abad 21 dapat diukur dengan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kegiatan pembelajaran dikelas, pembelajaran dikelas sangat berpengaruh dalam tercapainya prestasi belajar yang baik. Untuk mencapai prestasi maka siswa juga harus aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan di MTs Ma’arif Ambulu dengan menggunakan media pembelajaran komik digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan berupa 1) Perencanaan, 2) Pemberian Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan media pembelajaran digital komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu. Berdasarkan penelitian presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61% dengan kualifikasi cukup meningkat dan siklus II dengan presentase 93% dengan kualifikasi meningkat. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya media pembelajaran komik digital.

Keywords


Media Pembelajaran; Komik Digital; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aimah, Muslikhatun. (2017). Penggunaan Aplikasi Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioshell Vol.6 No.01 2017

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arum, W. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving dan Problem Posing pada Materi Fluida. Jurnal Teknika STTKD, 4(2), 40–50.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barokahhuda, U., Sumarmin, R., & Yogica, R. (2021). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Manga pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI SMA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 88–103. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2968

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568

Hermawati, Tetty. (2015). Komik digital untuk pembelajaran yang menyenangkan. http://guraru.org/guru-berbagi/komik-digital-untuk-pembelajaran-yang menyenangkan/. Diakses pada tanggal 3 januari 2021.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Lestari Suci, dkk. (2009). Media Grafis; Media Komik. Bandung : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (Online).(Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fip/Jur._Kurikulum_Dan_Tek._Pendidikan/197706132001122laksmi_Dewi/Media_Grafis/Media_Grafishsl_Mhsisswa/Komik/Medgraf,.Pdf)

Muflikhatur R, Wan Syafi'i. (2015). The Development Of Comic As Media Learning For Scince 8th Grade Junior School At Subject Transportation System, hlm.7-8. Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi

Nasution, A. E. (2019). E-Kompen (Elektronik-Komik Pendek) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 13(1), 105. https://doi.org/10.30829/iqra.v13i1.4365

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Priyayi, D. F., Nurani, D. E., Hastuti, S. P., Biologi, P. P., Kristen, U., Wacana, S., & Pendahuluan, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Pabelan Melalui Penerapan Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017 Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. 179–186.

Pitriana, D., & Jufri. (2015). The Use of Cartoon Movie as a Media in Teaching Vocabulary to Young Learners. Journal of English Language Teaching, 1(2), 106–113.

Saputra, R. (2019). Pengaruh Tahapan Share Dan Reflect Pada Metode Pembelajaran Creative Learning Cycle Terhadap Pencapaian Keahlian Abad Ke- 21. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Wulan, I. S., Suprapto, P. K., & Kamil, P. M. (2020). Belajar Virus dengan Komik: Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Eksperimen di Kelas X MAN Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 70–83. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2005




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING