Validitas LKS Elektronik dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 yang Berorientasi Problem Based Learning

Karomah Wulandari, Imas Cintamulya

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ialah mendeskripsikan validitas LKS elektronik berorientasi problem based learning dalam mengembangkan berpikir kritis siswa berdasarkan penilaian validator, dengan desain model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Pemaparan data kevalidan dengan cara menganalisis data. Hasil kevalidan produk dinilai oleh ketiga validator dengan kriteria isi, sistematika, kegrafisan, dan bahasa.  Presentase kriteria isi dari validator I sebesar 75%, validator II 86,1%, dan validator III sebesar 86,1% dengan skor rata-rata presentasi 82,4% yang menunjukkan kriteria isi yaitu valid. Untuk kriteria sistematika dari validator I bernilai 91,7%, validator II sebesar 95,8%, dan validator III sebesar 95,8% dengan skor rata-rata sebesar 94,4% yang artinya sangat valid. Sedangkan untuk kriteria kegrafisan pada validator I sebesar 75%, validator II sebesar 85%, dan validator III bernilai 90%, dengan rata-rata presentase 83,3% yang artinya valid. Kriteria bahasa pada validator I bernilai 75%, validator II bernilai 81,3%, dan validator III bernilai 100%, dengan rata-rata presentase sebesar 85,4% dengan kategori valid. Secara umum, berdasarkan dari hasil validasi oleh ketiga validator yang meliputi kriteria isi, sistematika, kegrafisan, dan bahasa memiliki rata-rata presentase sebesar 86,4%. Dengan demikian, LKS elektronik berorientasi problem based learning untuk mengembangkan berpikir kritis siswa dinyatakan valid.


Keywords


Kata kunci: Validitas; LKS Elektronik; Berpikir Kritis; Problem Based Learning (PBL); Keanekaragaman Bivalvia.

Full Text:

PDF

References


Akdon, R. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Aktaş, G. S., & Ünlü, M. (2013). Critical Thinking Skills of Teacher Candidates of Elementary Mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 831–835. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.288

Ariani, P., Daningsih, E., & Yokhebed. (2014). Kelayakan Media Flipbook Upaya pencegahan Pencemaran Udara Kelas x. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, Volume, 2, 1–11.

Arikunto, S., & Cepi Abdul Jabar, S. (2010). Evaluasi dalam Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendeka­tan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485

Ayu, D. M., & Sumarmin, R. (2018). Pengembangan Modul Biologi yang Dilengkapi dengan LKS Berorientasi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan untuk Kelas X. Bioeducation Journal, 2(1), 76–86.

Bahri, M. F., & Supahar, S. (2019). Content Validity and Reliability Analysis of Integrated Islamic-Science Test Instrument To Measure the Student'S Critical Thinking Ability. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 5(1), 39. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v5i1.894

Basri, H., & As,ari, A. R. (2018). Improving The Critical Thinking Ability of Students to Solve Mathematical Task. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 13. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3013

Charles, B.-A., & Issifu, Y. (2015). Innovation in Education: Students' Perceptions of Implementing ICT in Learning in Second-Cycle Institutions in Ghana. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1512–1519. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.103

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Crossley, S. A., & McNamara, D. S. (2016). Challenges and Solutions When Using Technologies in the Classroom. Adaptive Educational Technologies for Literacy Instruction, 1–310. https://doi.org/10.4324/9781315647500

Durak, G., & Ataizi, M. (2016). The ABC's of Online Course Design According to Addie Model. Universal Journal of Educational Research, 4(9), 2084–2091. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040920

Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE Model in the Development of Physics Unit Conversion Application Based on Android as Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 125–132.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development Of Physics E-LKPD ( Electronic Worksheets ) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing And Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 36–43.

Hidayah, N., & Nurtjahyani, S. D. (2017). Analisis Validitas Pengembangan Media Puzzle Berbasis Puzzlemake A match pada Sub Pokok Bahasan Sel. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 575–580.

Imania, K. A. (2018). Lembar Kerja Siswa Berbasis ICT Sebagai Solusi Kegiatan Latihan Pembelajaran Mandiri. Jurnal Petik, 2(2), 1. https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.67

Jacob, S. M. (2012). Mathematical Achievement and Critical Thinking Skills in Asynchronous Discussion Forums. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 800–804. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.144

Jamieson-Proctor, R., Albion, P., Finger, G., Cavanagh, R., Fitzgerald, R., Bond, T., & Grimbeek, P. (2013). Development of the TTF TPACK Survey Instrument. Australian Educational Computing, 27(3), 26–35.

Jogezai, N. A., Abdul, S., Mohammad, M., & Ahmed, F. (2016). ICT Integration & The Role of School Leadership : Perceptions of Head Teachers of Secondary Schools in Quetta Pakistan. 27(1), 155–163.

Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(April).

Kono, R., Mamu, H. D., & Tangge, L. N. (2016). Pengaruh Model PBL terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa tentang Ekosistem Lingkungan di SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(1), 28–38.

Maghfirothi, N. L., Mitarlis, & Widodo, W. (2013). Pengembangan Flip Book IPA Terpadu Bilingual Dengan Tema Minuman Berkarbonasi Untuk Kelas VIII SMP. 01(03), 42–47.

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of Students' Critical Thinking Skill of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495

Nurisalfah, R., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan LKS Menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Teori Atom Mekanika Kuantum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 140170.

Oluwatayo, J. A. (2012). Validity and Reliability Issues in Educational Research. Journal of Educational and Social Research, 2(May), 391–400. https://doi.org/10.5901/jesr.2012.v2n2.391

Pangesti, A. D. (2019). Research and Development: Penelitian yang Produktif dalam Dunia Pendidikan. 5(1), 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28521.44640

Patmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94–103.

Rahzianta, M. L. H. (2016). Pembelajaran Sains Model Service Learning sebagai Upaya Pembentukan Habits of Mind dan Penguasaan Keterampilan Berpikir Inventif. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1128–1137. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9646

Rida Oktorida Khastini. (2013). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Scaffolding dalam Pembelajaran Biologi Umum pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445

Rosnawati, R., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). A Formative Assessment Model of Critical Thinking in Mathematics Learning in Junior High School. Research and Evaluation in Education, 1(2), 186. https://doi.org/10.21831/reid.v1i2.6472

Sari, Y. I., & Kurniawati, D. (2019). Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Learning Cycle 5E. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 26–35.

Setyawati, R. D. (2018). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau Dari Validitas Dan Reliabitas. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174–186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932

Siwardani, N. W., Dantes, N., & IGK Arya, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1), 1–10.

Srirahayu, R. R. Y., & Arty, I. S. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Sukma Arita. (2018). Keanekaragaman Gastropoda dan Bivalvia di Danau Laut Tawar sebagai Media Pembelajaran pada Materi Keanekaragaman Hayati di MAN 2 Aceh Tengah.

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project Based Learning (PBL) to Improve Psychomotoric Skills: A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402

Sundari, N. (2013). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Triyanto, S. A., Wahidin., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno. (2022). Blended-Problem Based Learning with Integrated Social Media-Based Learning Media in Improving Students’ Critical Thinking Skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2). 242-254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wasif Nisar, M., Munir, E. U., & Shad, S. A. (2011). Usage and Impact of ICT in Education Sector; a Study of Pakistan. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(12), 578–583.

Whatley, J. (2012). Evaluation of a Team Project Based Learning Module for Developing Employability Skills. Issues in Informing Science and Information Technology, 9, 075–092. https://doi.org/10.28945/1605

Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING