Pemanfaatan Media Augmented Reality Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa

Rahmat Fauzi, Diah Sudiarti, Benny Afandy

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengalami perubahan besar pada bidang pendidikan yang menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga mahasiswa kurang tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada penggunaan media Augmented Reality materi sistem ekskresi pada mahasiswa biologi semester VI Universitas Islam Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan berupa 1). Perencanaan, 2). Pemberian tindakan, 3) Observasi, 4). Refleksi. Sampel penelitian yang di gunakan adalah mahasiswa semester VI Universitas Islam Jember sebanyak 20 mahasiswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan media pembelajaran Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa Universitas Islam Jember. Berdasarkan persentase minat belajar yang di peroleh dari data angket minat belajar yaitu pra-siklus sebanyak 64% dan pada siklus 1 sebanyak 80%.

Keywords


Augmented Reality; Media Pembelajaran; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Aji, P. Fauziah, Hayati, N. (2020). Augmented reality sebagai Media Edukasi Mengenai Lapisan Atmosfer Menggunakan Algoritma Fast Corner. Jurnal Teknologi Komunikasi dan Informatika, 5(2), 67-78.

Alftriani, N. Maula, A.M., Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1). 30-38.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismayani, A. (2020). Membuat Sendiri Aplikasi Augmented reality. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Lestari, A. (2021). Strategi Mahasiswa dalam Meningkatkan Minat Belajar, Self-Efficacy, Self-Regulated pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3). 239-254.

Mustaqim, I., Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). 36-48.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 9-10.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.

Nurhasanah, S. Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. MANPER, 1(1). 128-135.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105-106.

Tarmizi, A.K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia pada Mahasiswa Semester VI Pendidikan Biologi. Bioshell, 9(2).

Triyanto, S. A., Prabowo, C.A. (2020). Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study terhadap Hasil Belajar. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1). 42-48.

Triyanto, S. A., Wahidin., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno. (2022). Blended-Problem Based Learning with Integrated Social Media-Based Learning Media in Improving Students’ Critical Thinking Skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2). 242-254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wulansari, O. D. E., Zaini, TM., & Bahri, B. (2013). Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika, 13(1). 169-179.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING