Pembelajaran Konstruktivistik Project Based Learning Berorientasi Kontekstual untuk Meningkatkan Karakter Profetik Profesional Mahasiswa Pendidikan Biologi
Abstract
Keywords
References
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Ataji, H. M. K., Sujarwanta, A., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Modul Materi Virus Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis E-Learning dan QR Code. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 166–183. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2985
Dacholfany, M. I. ;, Suseno, N. ;, Achyani, A. ;, Fajar, M. S. ;, Anwar, R. B. ;, Garianto, G. ;, Riswanto, R. ;, & Gunawan, A. (2021). Panduan Penerapan Al Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Metro (1st ed., Vol. 1). Laduny Alifatama.
Djohaeni, H. (2016). The Implementation of Contextual Teaching and Learning Model in Environment Education in Kindergarten. Edutech, 15(1), 81–97. www.informasipedia.com
Fauzi, A., Siregar, H., Meilya, I. R., Pendidikan, J., Sekolah, L., Keguruan, F., Pendidikan, I., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 52–58. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.30871
Febrianti, D., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Merancang Proposal Karya Ilmiah pada Siswa Kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active Learning Increases Student Performance in Science, Engineering, and Mathematics. PNAS, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111
Haidet, P., Levine, R. E., Parmelee, D. X., Crow, S., Kennedy, F., Kelly, P. A., Perkowski, L., Michaelsen, L., & Richards, B. F. (2012). Perspective: Guidelines for Reporting Team-Based Learning Activities in The Medical and Health Sciences Education Literature. Academic Medicine, 87(3), 292–299. https://doi.org/10.1097/ACM.0b013e318244759e
Hanif, L., Septia, N., Santi, A., Yuliana, R., Shafira, R., & Jannah, W. N. (2021). Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Era 5.0 pada Siswa di SDN 4 Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar): Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 473–476.
Hayat, H. (2013). Pendidikan Islam dalam Konsep Profetik Intelligence. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 379–400.
Permendikbud 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemdikbud 1 (2016).
Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kemdikbud 1 (2020).
Maktumah, L. ;, & Minhaji, M. (2020). Prophetic Leadership dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 133–148. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.196
Mansyur, A. Y. (2013). Personal Prophetic Leadership sebagai Model Pendidikan Karakter Intrinsik Atasi Korupsi. Jurnla Pendidikan Karakter, 3(1), 15–27.
Marzuki, K. ;, Suardi, S. ;, & Natsir, N. (2021). Model Project Based Learning dalam Setting Pembelajaran Daring pada Pebelajar Orang Dewasa (Studi pada Program Kesetaraan Satuan Pendidikan Nonformal). SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid -19†, 1954–1963.
Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The essential elements of team-based learning. New Directions for Teaching and Learning, 116, 7–27. https://doi.org/10.1002/tl.330
Muhfahroyin, M., & Oka, A. A. (2017). Improving Post-graduate Students Learning Activities through Lesson Study in Learning Forest-Prototype. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(2). https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v9i2.6208
Muhfahroyin, M., & Santoso, H. (2019). The Effect of STAD and TPS Integration in Biology Learning Toward the Students Cognitive Achievement. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 1–8. www.ijicc.net
Muhfahroyin, M., & Lepiyanto, A. (2021). Telaah Bahan Ajar Biologi melalui Learning Community pada Pembelajaran Kolaboratif Virtual di Masa Pandemi Covid-19. Bioedukasi, 49–56.
Muhfahroyin, M., & Oka, A. (2021a). Analisis Kelayakan Bahan Ajar Pencandraan Tumbuhan Berbasis Prototype Hutan Pembelajaran untuk Pembelajaran Kontekstual. Bioedukasi, 12(2), 202–212.
Muhfahroyin, M., & Oka, A. A. (2021b). Utilization of the learning forest prototype to increase the student’s careness character of the environment through the Lesson Study for Learning Community (LSLC). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012113
Mulyana, E., Suherman, A., Widyanti, T., Supriatna, A., & Studi Pendidikan, P. (2022). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPS, 02(01), 2807–7601. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPIPS/index
Nasukah, B., Harsoyo, R., Winarti, E., Ibnu, S., Malang, S., Miftahul, S., Nganjuk, U., & Darullughah Wadda’wah Pasuruan, I. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(1), 53–68.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Sari, L. I. ;, Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Edukasi, 2(1), 11–14.
Septiawati, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Profetik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Ecopsy, 5(1), 8–15.
Sirojudin, D., Dzikrul, M., Al Ghozali, H., Hasbullah, K. A. W., Bahasa, P., & Universitas, A. (2022). Implementasi Profetik di Lembaga Pendidikan Menengah. In Journal of Education and Management Studies (Vol. 5, Issue 2).
Stai, D., Tarate, M. U., & Sumenep, P. (2022). Ijtihad Profetik Kuntowijoyo dalam Khazanah Pembaharuan Hukum Keluarga Islam Di Indonesia. Jurnal Keislaman Terateks, 7(01).
Suhartini, A. T., & Murni, S. (2018). Improving Student Cognitive Ability through Contextual Learning Model in The Class II Learning School if Basic School. Journal of Elementary Education, 01, 3.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970
Sulisworo, D. (2010). Konsep Pembelajaran Project Based Learning (Vol. 1). https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=TmT8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Konsep+Pembelajaran+Project+Based+Learning+sulisworo&ots=ckgGY7ljwb&sig=j_XywbR-qP9UkVYdyfm5RvgCxrk&redir_esc=y#v=onepage&q=Konsep%20 Pembelajaran%20Project%20Based%20Learning%20sulisworo&f=false
Sumarno, S. (2020). Penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(4), 1394–1400. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Suryani, L., & Orilina Argawati, N. (2023). Teaching Speaking through Project-Based Learning with ICT. Indonesian EFL Journal, 9(1), 35. https://doi.org/10.25134/ieflj.v9i1.7134
Sutjiati, N., Linna, &, & Rasiban, M. (2017). Project-Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Menulis Karangan Pendek Bahasa Jepang. BARISTA, 4(2).
Tamam, B. (2020). Nabi Muhammad Pra dan pasca Pasca Kenabian: Proses Pembentukan Pribadi Luhur dan Karakter Agung Sang Rasul. Al-Dhikra; Jurnal Studi Quran Dan Hadits, 2(1), 105–122.
Tweddell, S. (2015). Team-Based Learning: An Introduction. In University of Bradford (pp. 1–13).
Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 49–62. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/18
Wiradika, I. N. I., & Retnawati, H. (2021). Contextual Learning in Elementary School: A Meta Analysis. PROGRES PENDIDIKAN, 2(3), 174–182. https://doi.org/10.29303/ prospek.v2i3.187
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v9i1.6857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by