KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK UNDERACHIEVER DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematik peserta didik underachiever dalam menyelesaikan masalah program linear. Peserta didik underachiever adalah peserta didik yang memiliki IQ tinggi, tetapi memiliki prestasi belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan penalaran matematik peserta didik underachiever dan penyebab dari underachievement tersebut. Subjek penelitian sebanyak 2 orang dipilih secara porposive sampling berdasarkan pertimbangan hasil tes IQ dan prestasi belajar peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran matematik dan wawancara dengan teknik think aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek1 hanya dapat menarik kesimpulan dari pertanyaan dan memeriksa kesahihan argumen. Sedangkan Subjek2 dapat menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, menarik kesimpulan dari pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematik untuk membuat generalisasi. Â
Full Text:
PDFReferences
Hendriana H H & Soemarmo U 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung: Refika Aditama)
Rosaliana, Muhtadi D & Setiawati T 2019 Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Program Linier Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 1(1) 127-134
Setiawati T, Muhtadi D & Rosaliana D 2019 Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Soal Aplikasi Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 1(1) 748-753
Agus H & Sunanto 2008 Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Labola Y A 2018 Perpaduan Kecerdasan Intelektual (Ke), Emosional (Ke) Dan Spiritual (Ks) Kunci Sukses Bagi Remaja-Kajian Konseptual Social Work Jurnal 8(1) 39−45 Doi: 10.24198/share.v8i1.16168
Solica & Suralaga F 2010 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah)
Dalyono 2001 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rineka cipta)
Charter P 2005 The complete Book of Intellegence Test (England: John Wiley & Sons Ltd)
Solica & Suralaga F 2010 Psikologi Pendidikan (Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah)
Reis S M 2000 The Underachievement of Gifted Stendents: What Do We know and Where Do We go? Gifted Child Quarterly 44 (3) 72-83 DOI: 10.1177/001698620004400302 (Bandung: Refika Aditama)
Amaliyah AR R & Mahmud N 2017 Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Tingkat Akreditasi Sekolah SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 5(2) 153−167 https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a1
Yee, Foong P & Ee J 2002 Enchancing the Learning of Underchiever in Mathematics. Supervison and Curriculum Development (S’pore) 11(2) 25−35
Noviyanti, D 2014 Anak−Anak Kita Pengukir Peradaban (Jakarta: PT Alex Media Komputerindo)
Bentri A, Mahdoni & Syahniar 2017 Hubungan Self Esteem dengan Prestasi Belajar Siswa Underachiever serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling 80−87 Retrived from: http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017
Kim K H & Zabelina D L 2011 Underachievement 503−508 https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375038-9.00253-3
Supratman, Ratnaningsih N & Ryane S 2017 Conjencturing via analogical reasoning constucts ordinary students into like gifted student Journal of Physics: Conference Series 943 012025 doi:10.1088/1742−6596/943/1/012025
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta cv)
Depdiknas 2004 Peraturan Tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004 (Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas)
Abadi R M D, Jahandar S, Khodabandehlou M & Seyedi G 2012 The Think−aloud Method in EFL Reading Comprehension International Journal of Scientific & Engineering Research 3(9) 1−9 http://www.ijser.org
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :