ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari tipe kepribadian dan faktor penyebabnya. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan think aloud. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir reflektif, kuesioner tipe kepribadian dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu empat peserta didik dari kelas VIII-2 yang memiliki tipe kepribadian guardian, artisan, idealis, dan rasional. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa subjek tipe idealis dan guardian mengalami kesulitan dalam menjelaskan istilah konsep bangun datar, melakukan kegiatan perhitungan dan menyatakan suatu prinsip atau rumus bangun datar, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Subjek tipe idealis mengalami kesulitan dalam mengelompokkan objek, subjek tipe rasional dan artisan meliputi sulit dalam menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan, melakukan perhitungan, menyatakan dan menempatkan suatu prinsip atau rumus bangun datar, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Subjek tipe rasional mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan dan menempatkan prinsip. Faktor penyebab kesulitan pada subjek tipe idealis dan rasional meliputi faktor internal yaitu kurangnya pemahaman subjek terhadap materi bangun datar segi empat, ketidakmampuan melakukan perhitungan, kurangnya motivasi dari diri sendiri untuk belajar matematika. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu kurangnya motivasi di lingkungan pertemanan, lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif dan minimnya buku penunjang kegiatan pembelajaran. Selanjutnya subjek dengan tipe guardian dan artisan meliputi faktor internal yaitu kurangnya pemahaman subjek terhadap materi bangun datar, sedangkan faktor eksternalnya yaitu lingkungan tempat tinggal yang kurang kondusif.
Full Text:
PDFReferences
Ratnaningsih N, Hermanto R & Kurniati N S 2018 Mathematical communication and social skills of the students through learning assurance relevance interest assessment and satisfaction IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1360 (2019) 012032 doi:10.1088/1742-6596/1360/1/012032
Suharna H 2018 Teori Berpikir Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika (Yogyakarta: Penerbit Deepublish)
Dewey J 1933 How We Think Edition copyright by Digireads.com Publishing https://read.amazon.com/?asin=B0030CMLLQ
Nindiasari H 2011 Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 251-263
Abdurrahman M 2013 Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya (Jakarta: Rineka Cipta)
Ratnaningsih N, Akbar E E R & Hidayat E 2018 Effect of chronotype and student learning time on mathematical ability based on self-regulated learning Journal of Physics: Conference Series 1013 (2018) 012141 doi: 10.1088/1742-6596/1013/1/012141
Kumalasari A & Putri R O P E 2013 Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 7-14 Retrieved From: http://eprints.uny.ac.id/10725/
Yusmin E 2017 Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography) Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 9(1) 2119-2136
Mulyadi 2010 Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus (Yogyakarta: Nuha Litera)
Alwisol 2015 Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi) (Malang: UMM Press)
Aziz A, Kusmayadi T A & Sujadi I 2014 Proses Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Siswa Kelas VIII Mts NM Suralaga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(10) 1079-1093
Keirsey D 1998 Please Understand Me II (United States: Prometheus Nemesis Book Company)
Sugiyono 2012 Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Penerbit Alfabeta)
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabeta)
Sholihah S Z & Afriansyah E A 2017 Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele Jurnal “Mosharafa†6(2) 287-298
Fitria C, Sujadi I & Subanti S 2016 Analisis Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian, Artisan, Rational dan Idealis Kelas X SMKN 1 Jombang Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4 (9) 824-835
Aprilia A D R & Budiarto M T 2017 Profil Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(6) 320-327
Yeni E M 2015 Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS) 2(2)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :