PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning(PBL) dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas X IIS MAN 1 Tasikmalaya dan sampel diambil secara acak, yaitu kelas X IIS 5 sebagai kelas eksperimen I dengan model PBL dengan strategi metakognitif dan kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen II dengan model PBL. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan penyebaran angket kemandirian belajar dimana instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan angket. Berdasarkan hasil pengelolaan, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) pengaruh model PBL dengan strategi metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sama dengan pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (2) pengaruh model PBL dengan strategi metakognitif terhadap kemandirian belajar sama dengan pengaruh model PBL terhadap kemandirian belajar. Â
Full Text:
PDFReferences
Husnidar, Ikhsan M, Rizal S 2014 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa 1(1) http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/articel/view/1340
Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students’ mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conference Series 1188 (2019) 012082
Sya’afi N 2014 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning http://core.ac.uk/download/pdf/14804360.pdf
Fariha M 2013 Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Solving 1(2) http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/articel/view/1057
Muhtadi D & Sukirwan 2017 Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Jurnal Mosharafa 6(1) 1-12
Sugandi A I 2013 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA 2(2) http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id.index.php/infinity/articel/view/31
Ngatiatun S, Riyadi, Usada 2013 Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita 3(1) https://eprints.uns.ac.id/14323/
Wiranata I M, Suniasih N W, Wiarta I W 2015 Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika dan Pengetahuan Konseptual Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ubung 3(1) htttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/articel/view/5130
Permata S P, Suherman, Rosha M 2012 Penerapan Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang 1(1) http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/articel/view/1148
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :