THE ANALYSIS OF POOR COMMUNICATION IMPACT ON STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING EXPONENT TOPIC

Al Ainaa Almardhiyyah, Fitria Sulistyowati, Krida Singgih Kuncoro, Zahra Nugraheni, Nadya Amalia Putri Hapsari

Abstract


Classroom learning requires effective communication between teachers and students to create a conducive environment and enhance learning. This study analyzes the impact of teacher communication on students' interest in learning exponents using a descriptive approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving 10th-grade students and a mathematics teacher at a vocational school in Yogyakarta, selected via purposive sampling. The findings show that effective communication increases students' motivation, active participation, and understanding of exponents. Interactive methods, such as discussions and Q&A sessions, foster student engagement and improve their grasp of the material. These results highlight the critical role of teacher-student communication in creating an enjoyable and effective learning experience, ultimately supporting better academic outcomes.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. Q., & Asdiana, A. (2019). Upaya guru pendidikan agama islam dalam menghadapi kenakalan remaja pada masa pubertas. Jurnal As-Salam, 3(2), 9–17. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i2.127

Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika pada masa pandemik covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Faris, A. M., Saputro, D. W, & Rubiati, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran math card (kartu matematika) dalam pembelajaran matematika materi eksponen, spldv, aritmatika. Bilangan : jurnal ilmiah matematika, kebumian dan angkasa, 2(4), 172–189. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.176

Pramesti, A. S. & Musslifah, A. R. (2024). Gambaran kemampuan interaksi teman sebaya dalam berdiskusi kelompok pada siswa kelas X SMAN Gondangrejo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2704

Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025

Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613

Sembiring, E. H. B. & Listiani, T. (2023). Game based learning berbantuan kahoot! dalam mendorong keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708

Fatmawati, W., Sutrisno, M. Zuhri, S. & Purwaningsih, C. (2023). Efektifitas model pembelajaran problem-based learning berbantuan trigonometry hand trick terhadap hasil belajar siswa bab trigonometri di SMAN 10 Semarang. Eksponen, 13(1), 12–24. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.783

Runturambi, F. D. C., Wenas, J. R., & Kaunang, D. F. (2022). Kesalahan siswa SMP Negeri 6 Tondano dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat berdasarkan taksonomi solo. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 142–155. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.854

Firmansyah, D. & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Gafur, A. (2018). Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.249

Grahmayanuri, N., Iqbal, M., Harahap, N. A. A, Thamimi, I. M., & Batubara, E. A. (2024). Studi analisis bertahannya metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan agama islam tingkat SMP/MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 189–196. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2040

Hamid, A. (2024). Miskonsepsi mahasiswa pada masalah eksponen berdasarkan gaya kognitif. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1539

Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331

Handayani, R., & Sulistiawati, E. W. (2019). Penerapan pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika di SMKN 1 Kotabumi. Eksponen, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.131

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hataul, L. S., Mataheru, W., & Moma, L. (2021). Perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dan konvensional pada materi persamaan eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 56–63. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p56-63

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi kesulitan guru matematika dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333

Indriani, A., Djafar, S., S, P., & Nurdin, N. (2024). Literatur review: pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap resiliensi diri pada pembelajaran matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 287–299. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.634

Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi metode pembelajaran sejarah kebudayaan islam: optimalisasi implementasi dalam kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084

Jeshica F. & Mustika, D. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran ipa pada anak kelas V di SD Negeri 1 Bukit Batu. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.31004/fjzkcs46

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola interaksi guru dan orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring di MTs Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.226

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama islam berbasis e-learning (studi inovasi pendidik MTs. PAI Medan di tengah wabah covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1

Hayya' L. A. (2023). Dampak media pembelajaran interaktif dalam pendidikan. Eksponen, 13(2), 66–76. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.788

Manurung, S. Y., & Listiani, T. (2020). Menjadi guru yang reflektif melalui proses berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika [becoming a reflective teacher through the reflective thinking process in mathematics learning]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 58. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.2262

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Rahim, N. E. & Firdaus, M. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di MTs Al- Washliyah Sei Mencirim. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.31

Nasriah, N., Nawir, M., & Aziz, F. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada program sekolah penggerak di SMP IT Al-Fatih Makassar. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 955–963. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.931

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 3 SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika di SMK NEGERI 2 PACITAN. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685

Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642

Prastika, Y., Baidowi, B., Junaidi, J., & Sripatmi, S. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas XI pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di SMKN 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2286–2294. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2802

Purwanto, E. (2021). Menumbuhkan kreativitas siswa melalui pembelajaran grafik fungsi eksponen dengan pendekatan open-ended problem. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 194–203. https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.457

Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., Haekal, M. I., & Syaharani, R. (2024). Pengukuran efektivitas platform e-learning dalam pembelajaran teknik informatika di era digital. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1.559

Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis kesalahan siswa sma dalam menyelesaikan soal eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457

Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan bimbingan belajar matematika berbantuan alat peraga bagi siswa sekolah dasar di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2). https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.392

Rostiana, I. A. & Indrie Noor Aini. (2022). Deskripsi kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal eksponen kelas X SMA. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 139–152. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3956

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77–85. https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996

Ruhma, S. Z., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2023). Analisis kesulitan Siswa dalam memecahkan masalah pada materi persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Polya. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 139–152. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2699

Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 30 Makassar. KINESTETIK, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Septiahani, A., Melisari, & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.613

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadukan dengan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Supriyatin, T. (2024). Persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz dalam pembelajaran matematika. Journal of Nusantara Education, 3(2), 19–29. https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.88

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796

Ivanka, N. T. T., Darsono, & Yohanie, D. D. (2024). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Teori Newman. Eksponen, 14(2). https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i2.1026

Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan mengajar mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881

Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis E-book melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734

Wirnoto, T., & Ratnaningsih, N. (2022). Problematika pengembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran matematika berdasarkan persepsi guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 27–40. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.760

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v7i1.14363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal