THE ANALYSIS OF POOR COMMUNICATION IMPACT ON STUDENTS’ INTEREST IN LEARNING EXPONENT TOPIC
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N. Q., & Asdiana, A. (2019). Upaya guru pendidikan agama islam dalam menghadapi kenakalan remaja pada masa pubertas. Jurnal As-Salam, 3(2), 9–17. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i2.127
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika pada masa pandemik covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538
Faris, A. M., Saputro, D. W, & Rubiati, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran math card (kartu matematika) dalam pembelajaran matematika materi eksponen, spldv, aritmatika. Bilangan : jurnal ilmiah matematika, kebumian dan angkasa, 2(4), 172–189. https://doi.org/10.62383/bilangan.v2i4.176
Pramesti, A. S. & Musslifah, A. R. (2024). Gambaran kemampuan interaksi teman sebaya dalam berdiskusi kelompok pada siswa kelas X SMAN Gondangrejo. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2704
Arifin, Z. (2022). Manajemen peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(1), 71–89. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i1.3025
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika bangun ruang sisi lengkung tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Sembiring, E. H. B. & Listiani, T. (2023). Game based learning berbantuan kahoot! dalam mendorong keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708
Fatmawati, W., Sutrisno, M. Zuhri, S. & Purwaningsih, C. (2023). Efektifitas model pembelajaran problem-based learning berbantuan trigonometry hand trick terhadap hasil belajar siswa bab trigonometri di SMAN 10 Semarang. Eksponen, 13(1), 12–24. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.783
Runturambi, F. D. C., Wenas, J. R., & Kaunang, D. F. (2022). Kesalahan siswa SMP Negeri 6 Tondano dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat berdasarkan taksonomi solo. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 142–155. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.854
Firmansyah, D. & Dede. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Gafur, A. (2018). Peningkatan hasil belajar ipa terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.249
Grahmayanuri, N., Iqbal, M., Harahap, N. A. A, Thamimi, I. M., & Batubara, E. A. (2024). Studi analisis bertahannya metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan agama islam tingkat SMP/MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 189–196. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2040
Hamid, A. (2024). Miskonsepsi mahasiswa pada masalah eksponen berdasarkan gaya kognitif. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1539
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331
Handayani, R., & Sulistiawati, E. W. (2019). Penerapan pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika di SMKN 1 Kotabumi. Eksponen, 9(1), 35–41. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.131
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hataul, L. S., Mataheru, W., & Moma, L. (2021). Perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dan konvensional pada materi persamaan eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 56–63. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p56-63
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi kesulitan guru matematika dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333
Indriani, A., Djafar, S., S, P., & Nurdin, N. (2024). Literatur review: pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap resiliensi diri pada pembelajaran matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 287–299. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.634
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi metode pembelajaran sejarah kebudayaan islam: optimalisasi implementasi dalam kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Jeshica F. & Mustika, D. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran ipa pada anak kelas V di SD Negeri 1 Bukit Batu. Jurnal Inovasi Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.31004/fjzkcs46
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola interaksi guru dan orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring di MTs Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.226
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama islam berbasis e-learning (studi inovasi pendidik MTs. PAI Medan di tengah wabah covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1
Hayya' L. A. (2023). Dampak media pembelajaran interaktif dalam pendidikan. Eksponen, 13(2), 66–76. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.788
Manurung, S. Y., & Listiani, T. (2020). Menjadi guru yang reflektif melalui proses berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika [becoming a reflective teacher through the reflective thinking process in mathematics learning]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 58. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.2262
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Rahim, N. E. & Firdaus, M. (2023). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di MTs Al- Washliyah Sei Mencirim. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.31
Nasriah, N., Nawir, M., & Aziz, F. (2024). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada program sekolah penggerak di SMP IT Al-Fatih Makassar. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 955–963. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.931
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 3 SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499
Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika di SMK NEGERI 2 PACITAN. Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685
Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen dan alternatif pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642
Prastika, Y., Baidowi, B., Junaidi, J., & Sripatmi, S. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas XI pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di SMKN 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2286–2294. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2802
Purwanto, E. (2021). Menumbuhkan kreativitas siswa melalui pembelajaran grafik fungsi eksponen dengan pendekatan open-ended problem. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 194–203. https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.457
Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., Haekal, M. I., & Syaharani, R. (2024). Pengukuran efektivitas platform e-learning dalam pembelajaran teknik informatika di era digital. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1.559
Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis kesalahan siswa sma dalam menyelesaikan soal eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457
Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T., Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., & Ngina, M. Y. (2021). Pendampingan bimbingan belajar matematika berbantuan alat peraga bagi siswa sekolah dasar di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2). https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.392
Rostiana, I. A. & Indrie Noor Aini. (2022). Deskripsi kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal eksponen kelas X SMA. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 139–152. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3956
Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77–85. https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996
Ruhma, S. Z., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2023). Analisis kesulitan Siswa dalam memecahkan masalah pada materi persamaan kuadrat berdasarkan prosedur Polya. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 139–152. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2699
Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 30 Makassar. KINESTETIK, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Septiahani, A., Melisari, & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.613
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadukan dengan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137
Supriyatin, T. (2024). Persepsi siswa terhadap penggunaan Quizizz dalam pembelajaran matematika. Journal of Nusantara Education, 3(2), 19–29. https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.88
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Ivanka, N. T. T., Darsono, & Yohanie, D. D. (2024). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Teori Newman. Eksponen, 14(2). https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i2.1026
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan mengajar mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada mata kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis E-book melalui pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734
Wirnoto, T., & Ratnaningsih, N. (2022). Problematika pengembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran matematika berdasarkan persepsi guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1), 27–40. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i1.760
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v7i1.14363
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :