ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT TAHAPAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBANTUAN SCAFFOLDING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal masalah matematika dan gambaran scaffolding yang diberikan untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif – eksploratif. Subjek penelitian berjumlah 9 peserta didik Kelas VI salah satu Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai intrumen utama dan instrumen bantuan berupa soal penyelesaian masalah matematika serta pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) umumnya peserta didik mengalami kesalahan pada tahapan pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean; (2) terdapat keterkaitan antara kesalahan dan kesulitan peserta didik dalam penyelesaian masalah matematika; dan (3) scaffolding yang diberikan memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan soal masalah matematika.
Full Text:
PDFReferences
Ugi L E, Djadir & Darwis M 2016 Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternatif Pemecahaannya Jurnal Daya Matematis 4 (1)
Newman M A 1983 Strategies for diagnosis and remediation (Sydney: Harcourt, Brace Jovanovich)
Kania N & Arifin Z 2018 Penyelesaian Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. Procediamath Volume 2; 31 Desember 2018
Siswandi E, Sujadi I & Riyadi 2016 Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Mater Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender Jurnal Eelktronik Pembelajaran Matematika 4(7) 663-643
Prathana P, Wongwanich S & Sujiva S 2013 An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving Procedia-Social and Behavioral Sciences 116 3169-3174
Riedsel C A 1973 Guidimg Discovery in Elementary School Mathematics (2nd ed). USA: Prentice-Hall, IncSadiman, A S. (2003) Media Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Reys, Lindquist, Lambdin & Smith 2009 Helping Children Learn Mathematis (9th ed) (USA: John Wiley & Sons, Inc)
Underhill, B. (1981). Teaching Elementary School Mathematics (3rd ed). Columbus, Ohio: Merril Publishing Co
Darmawan I, Kharismawati A, Hendriana H & Purwasih R 2018 Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi datar Journal for Research in Mathematics Learning 1(1) 71-78
John Walle V D & Karen 2012 Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally (8th ed) (USA: Pearson)
Ashlock R B, Johnson M L & Wilson J W 1983 Guiding Each Child’s Learning of Mathematics: A Diagnostic Approach to Instruction (Columbus, Ohio: Charles E & Merrill Publishing Company)
Fauzan & Herman T 2016 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Estem Siswa Kelas V Melalui Strategi Multiple Intelligences Jurnal Pendidikan Dasar 8(2) 152-162
Karnasih I 2015 Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis Jurnal Paradikma 8(1) 37-51
Wijaya A, Panhuizen M V, Doorman M & Robitzsch A 2014 Difficulties in Solving Context-Based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Students’ Errors The Mathematics Enthusiast 11(3) 555-584
Mulyani M & Muhtadi D 2019 Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM) 12(1) 1-16
Anghileri J 2006 Scaffolding Practices That Enchance Mathematics Learning Journal of Mathematics Teacher Education 9 33–52
Silvia S & Ratnaningsih N 2017 Perbandingan kemampuan penyelesaian masalah matematik peserta didik antara yang menggunakan model problem based learning (PBL) dengan problem solving Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematik 3(2) 129–136
Sidik G S 2016 Analisis Proses Berpikir Dalam Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Pemberian Scaffolding Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2)
Chairani Z 2015 Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1)
Afrizal 2016 Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Ahmadi)
Sugiyono 2011 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Afabeta)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :