PERANAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MELALUI MATEMATISASI PROGRESIF TERHADAP PENCAPAIAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Warsito Warsito, Dedi Muhtadi, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan matematisasi progresif terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis siswa SMP. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain non equavalen kontrol grup.  Penelitian dilakukan di dua sekolah dengan peringkat yang berbeda, yakni SMPN 2 Kota Tangerang sebagai peringkat sedang dan SMPN 16 Kota Tangerang sebagai peringkat rendah. Pada tiap-tiap sekolah dipilih 2 kelas, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan matematisasi progresif, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang mendapatkan pembelajaran matematika biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa pada kelas matematisasi progresif lebih baik dibandingkan dengan kelas pembelajaran matematika biasa, dan (2) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa pada pengetahuan awal matematis kategori tinggi lebih baik daripada siswa pada pengetahuan awal matematis kategori sedang, maupun rendah.


Full Text:

PDF

References


Hutagol K 2013 Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Jurnal Infinity 2(1) 85-99

Yusuf C N, HarunY, & Jalal A 2018 Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 7(2)

Warsito, Darhim & Herman T 2018 Improving students’ mathematical representational ability through RME-based progressive mathematization Journal of Physics: Conference Series 948

Kusuma D A 2020 Peningkatan Representasi Matematis Menggunakan Pembelajaran Ethnomathematics dengan Penerapan Mozart Effect Indonesia Mathematics Education 3(1) 10-19

Wijaya A 2012 Pendidikan Matematika Realistik (Yogyakarta: Graha Ilmu)

PISA 2015 Draft mathematics framework [Online]

NCTM 2000 Principles and standards for school mathematics (Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics)

Gravemeijer 1994 Developing Realistic Mathematics Education (Utrecht: Kluwer Academic Publishers)

Putten C M V, Petra A V D B, & Beishuizen M 2005 Progressive Mathematization of Long Division Strategies in Dutch Primary Schools Journal for Research in Mathemamatics Education 36(1) 44-73

Hadi S 2002 Effective teacher professional development for implementation of realistic mathematics education in Indonesia (University of Twente, Enschede)

Hadi 2005 Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Implementasinya. Banjarmasin (Indonesia: Tulip)

Fauzan 2002 Applying realistic mathematics education (RME) in teaching geometry in Indonesian primary schools (Ph.D Thesis at University of Twente: PrintPartners Ipskamp-Enschede)

Gravemeijer K 2011 How Concrete is Concrete. Zulkardi (penyunting) Journal On Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 1-13

Kato Y, Kamii C, Ozaki K & Nagahiro M 2002 Young Children’s Representations of Groups of Objecys : The Relationship Between Abstraction and Representation Journal For Research in Mathematics Educations 33(1) 30-45

Fraenkel J & Wallen N 1993 How to Design and Evaluate Research in Education (New York: McGrawHill)

Leary M R 2008 Introduction to Behavioral Research Methods (Duke University:Pearson International Edition)

Ruseffendi H E T 2010 Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya (Bandung: Tarsito)

Sugiman 2010 Dampak Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Yogyakarta (Disertasi UPI: Tidak Diterbitkan)

Duwila S, Hamid I, dan Jalal A 2019 Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Diagram Venn melalui Pendekatan Realistic Matematis Education

Dochy F J R C 1996 Prior knowledge and learning. Dalam Corte E D & Weinert F (eds.): International Encyclopedia of Developmental and Instruct ional Psychology (New York: Pergamon)

Saragih S 2007 Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Desertasi UPI: Tidak dipublikasikan)

Kairudin & Darmawijoyo 2011 The Indonesian’s Road Transportations as The Contexs to Support Primary School Student Learning Number Operation Journal On Mathematics Education 2(1) 67-78

Gravemeijer K 1997 Commentary Solving Word Problems: A Case of Modelling?. Learning and Instruction 7(4) 389-397




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal