PROSES BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Abstract
Geometri merupakan materi yang dipelajari pada setiap jengjang, tetapi dari hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam proses penyelesaiannya, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis terhadap proses berpikir spasial peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuan baru ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif, yaitu peserta didik diberikan kesempatan secara bergantian untuk menyelesaikan masalah sampai ditemukannya subjek penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dimulai dari pemberian soal berpikir spasial yang telah divalidasi dan dinyatakan layak untuk digunakan, angket gaya belajar yang peneliti adopsi dan melaksanakan wawancara. Peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya merupakan subjek penelitian yang dipilih menggunakan eksplorasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses berpikir spasial peserta didik dengan gaya belajar visual (S6) konstruksi pengetahuannya didominasi oleh proses asimilasi karena kepekaanya terhadap gambar dan warna yang memudahkannya melakukan visualisasi, baik dengan cara mengkonstruksi atau membayangkan bentuk dari suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu, tetapi pada tahap akhir penyelesaiannya ia melakukan kesalahan perhitungan.
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018 Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan 37 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar
Roskawati, Ikhsan M & Juandi D 2015 Analisis penguasaan siswa sekolah menengah atas pada materi geometri Jurnal Didaktik Matematika 2(1) 64—70
Sidik M J, Hendriana H & Sariningsih R 2018 Analisis kesalahan siswa SMP kelas XI pada materi bangun ruang sisi datar saat menyelesaikan soal berpikir kritis Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(5)
Utami D N, Kusmanto B & Widodo S A 2019 Analisis kesalahan dalam mengerjakan soal geometri Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 7(1) 37—44
Wardhani W A, Subanji S & Dwiyana D 2016 Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan 1(3) 297—313
Ariefia H E, As’ari A R & Susanto H 2016 Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi trigonometri Jurnal pembelajaran matematika
Tikhomirova T 2017 Spatial thinking and memory in Russian high school students with different levels of mathematical fluency Elsevier 237 1260—1264 doi: 10.1016/j.sbspro.2017.02.204.
Cheng Y L & Mix K S 2015 Spatial training improves children’s mathematics ability. Journal of Cognition and Develovment 15(1) 2—11
Minori M 2011 Effectiveness of Digital Educational Materials For Developing Spatial Thinking of Elementary School Student Elsevier 21 116—119 doi:10.1016/j.sbspro.2011.07.045.
Hawesn Z, Moss J, Caswell B & Poliszczuk D 2015 Effects of metal retation training on children’s spatial and mathematics performance: a randomized controlled study Elsevier 4 60—68
National Research Council 2006 Learning to Think Spatially: GIS as a Support System in the K–12 Curriculum (Washington, DC: National Academies Pres)
Sugiarni R, Alghifari E & Ifanda A R 2018 Meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra Jurnal Pendidikan Matematika 3(1) 93—102
Setyawan D & Rahman A 2013 Eksplorasi proses kontruksi pengetahuan matematika berdasarkan gaya berpikir Jurnal Sainsmat 11(2) 140—152
Ariefia H E, As’ari A R & Susanto H 2016 Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi trigonometri Jurnal pembelajaran matematika
Fatimah A T, Aman A & Effendi A 2017 Kontrstruksi pengetahuan trigonometri kelas X melalui geogebra dan LKPD Jurnal Nasional Pendidikan Matematika 1(2) 178—188
Yogi A 2018 Proses asimilasi dan akomodasi mahasiswa bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah geometri Prosiding Seminar Nasional 4(1) 394—404
Zhiqing Z 2015 Assimilation, accommodation, and equilibration: a schema-based perpective on translation as process and as product International Forum of Teaching and Studies 11(1-2) 84—89
Makhlouf, Martinez & Dahawy 2012 A Comparison of Preferred Learning Styles between Vocational and Academic Secondary School Students in Egypt Institute for Learning Styles Journal 5—1
Siregar B H, Siahaan C Y & Hariyanti H 2018 Peningkatan kemampuan spasial melalui penerapan teori an Hiele terintegrasi dengan multimedia dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed 9(2) 62—71
De Porter B & Hernacki M 2016 Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (Bandung Indonesia: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka)
Gunawan W A 2012 Genius learning strategy: Petunjuk praktis untuk menggunakan accelerated learning (Jakarta, Indonesia: Penerbit Gramedia Pustaka Utama)
Supratman 2019 The role of conjecturing via analogical reasoning in solving problem based on Piaget’s theory Journal of Physics: Conference Series 1157(3)
Sugiyono 2016 Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung Indonesia: Penerbit Alfabeta)
Sugiyono 2017 Metode penelitian kombinasi mixed method (Bandung Indonesia: Penerbit Alfabeta)
Sword L K & Director G 2005 The Power Of Visual Thinking (Gifted & Creative Services Australia)
Muljo A 2018 Korelasi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis dengan kemampuan berpikir kreatif di SMA Negeri 1 kejuruan muda Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 2(2) 47-56
Nagy-Kondor R 2017 Spatial Ability: Measurement And Development In Visual-Spatial Ability In STEM Education (Springer: Cham)
Kho R 2016 Penjenjangan penalaran visuospasial siswa dalam menyelesaikan masalah geometri Seminar Nasional 1(1)
Salido A & Dasari D 2019 Students’ errors in solving probability problems viewed by learning style Journal of Physics: Conference Series 1211 (1)
Rajapakshe W 2018 Investigation of learning style preferences of buseness students in Saudi Arabia-using VAK assessment model Global Journal of Management and Business Research: a Administration and Management 18(11)
Solihatin E & Syahria Z 2019 The effects of Brain-Based Learning and Project-Based Learning strategies on student group mathematics learning outcomes student visual learning styles Pedagogical Research 4(4)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.1820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :