KARAKTERISTIK WAYS OF THINKING (WOT) DAN WAYS OF UNDERSTANDING (WOU) SISWA BERDASARKAN TEORI HAREL

Hani Nurhasanah, Turmudi Turmudi, Al Jupri

Abstract


Proses berpikir tiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematis cenderung berbeda dan unik. Proses berpikir yang unik tidak terlepas dari pemahaman dari masing-masing siswa terhadap suatu konsep. Cara berpikir yang salah atau tidak logis akan menentukan pemahamannya terhadap suatu konsep yang salah, begitu pun sebaliknya cara memahami siswa terhadap masalah atau konsep yang salah akan berpengaruh terhadap cara berpikir yang salah. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis karakteristik dari cara berpikir dan cara memahami siswa dalam menyelesaikan masalah vektor berdasarkan Teori Harel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pendahuluan, observasi, pemberian tugas, dan wawancara klinis. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dari ways of thinking dan ways of understanding siswa dalam menyelesaikan masalah terkait vektor pada umumnya tergolong cara berpikir benar dengan cara memahami yang benar (BB) sebesar 32%. Hal ini menunjukkan bahwa Teori Harel mengenai duality principle berlaku terhadap siswa dalam menyelesaikan masalah terkait vektor yaitu siswa mengembangkan cara berpikir hanya melalui konstruksi cara-cara memahami, dan cara-cara memahami yang mereka hasilkan ditentukan oleh cara berpikir yang dimiliki.

Full Text:

PDF

References


Subanji 2017 Berpikir Matematis dalam Mengonstruksi Konsep Matematika: Sebuah Analisis Secara Teoritis dan Praktis (e-journal researchgate.net)

Nur I, Herman T, and Ningsih S 2018 Working Memory in Students with Mathematical Difficulties J. Materials Science and Engineering 335

Harel G 2013 DNR-Based Curricula: The Case of Complex Numbers 2013 J. Humanistic Mathematics vol 3 Issue 2 hal 2-61.

Jayanti W, Usodo B, and Subanti S 2018 Interference thinking in constructing students’ knowledge to solve mathematical problems J. Phys.: Conf. Ser. 1008 012069

Harel G 2008 A DNR perspective on mathematics curriculum and instruction Part I: focus on proving ZDM Mathematics Education 2008 vol 40 hal 487–500

Hendriana H, Rohaeti E, and Somarmo U 2017 Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. (Bandung: Refika Aditama)

Harel G 2007 Triadic interaction in clinical task-based interviews with mathematics Educ Stud Math, vol 65 hal 349–365

Harel G 2017 The learning and teaching of linear algebra: Observations and generalizations. Journal of Mathematical Behavior vol 46 hal 69–95

Nining S, Dwi J, and Suwarsono 2018 Student’s scheme in solving mathematics problems J. Physics 974

Sanjaya A, Johar R, Ikhsan M, and Khairi L 2018 Students’ thinking process in solving mathematical problems based on the levels of mathematical ability J. Phys.: Conf. Ser. 1088 012116

Watson A, Harel G 2013 The Role of Teachers’ Knowledge of Functions in Their Teaching: A Conceptual Approach With Illustrations From Two Cases Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education 13 (2) hal 154–168

Kurniawan D T, Suhandi A, I Kaniawati, dan D Rusdiana 2017 The Analysis of Learning Obstacle and Students Learning Motivation of Prospective Math Teachers in Basic Physics Class. Journal of Physics 812 (2017) 012026

Jupri A 2017 From Geometry to Algebra and Vice Versa: Realistic Mathematics Education Principles for Analyzing Geometry Tasks Conference Proceedings J. American Institute of Physics 1830 (2017) 050001

Wutchana U and Emarat N 2017 A Worksheet to Enhance Students’ Conceptual Understanding in Vector Components J. Phys.: Conf. Ser. 901 012127

Hamalik 2003 Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Slavin R E 2011. Psikologi pendidikan (teori dan praktek) (Indonesia: PT Indeks)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal