PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Nuraini Sri Bina, Rahmi Ramadhani

Abstract


Pendidikan memegang peranan penting dalam mengembangkan sumber daya masyarakat yang berkualitas. Namun dalam pembelajaran di sekolah, masih banyak tenaga pengajar yang kurang memperhatikan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan pretest dan postest. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Penelitian ini diawali dengan tes ujicoba perangkat dan instrumen penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Dari uji regresi diperoleh Fhitung = 14,96 yang menyatakan  persamaan regresi Y= 29,51 + 0,485X adalah baik digunakan untuk memprediksi, kemudian thit = 3,867. Dengan demikian H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditolak. Dari hasil R2 sebesar 32,5% metode pembelajaran kooperatif tipe think pair square memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis. Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Square baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Full Text:

PDF

References


N. P. R. Wulandari, N. Dantes, and P. A. Antara, “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa,†J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 131, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.25103.

R. Asmara and E. A. Afriansyah, “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning,†Suska J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, p. 78, 2018, doi: 10.24014/sjme.v4i2.5714.

M. Fadhli, “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi,†TadbirJurnal Stud. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 215–240, 2017, doi: 10.46244/visipena.v4i2.218.

S. M. Yanti Sri Danarwati SS, “Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan,†J. Mimb. Bumi Bengawan, vol. 6, no. 13, pp. 1–18, 2013.

A. Aziz, “Peningkatan Mutu Pendidikan,†J. Stud. Islam Peningkatan Mutu, vol. 10, no. 2, pp. 1–14, 2015.

M. Darkasyi, R. Johar, and A. Ahmad, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe,†J. Didakt. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 21–34, 2014, doi: 10.24815/dm.v1i1.1336.

F. G. Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,†Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 203–210, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/35.

E. T. Wahyuni, S. Hendryawan, A. Nasrullah, and T. Y. Wachyar, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Think Pair Share (Tps),†Symmetry Pas. J. Res. Math. Learn. Educ., vol. 3, pp. 125–136, 2018, doi: 10.23969/symmetry.v3i2.1253.

M. S. Antika, L. Andriani, and R. Revita, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP,†JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 2, p. 118, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i2.7553.

A. Apriliana, C. Oktafianingsih, and I. A. Kamaludin, “Keanekaragaman insecta serasah daun di daerah potrobangsan dengan metode sampel acak sederhana,†vol. 3, pp. 202–207, 2019.

Raupong, “Auxiliary Variable,†Penaksiran rataan dan varians Popul. pada sampel acak terstratifikasi dengan Aux. Var., vol. 12, no. 1, pp. 9–18, 2015, doi: 10.4135/9781412963947.n31.

N. Sribina, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa,†SEMNASTIKA UNIMED, 2017, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/26612/2/Fulltext.pdf.

R. Istiarini and S. Sukanti, “Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012,†J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 98–113, 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i1.924.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal