PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
N. P. R. Wulandari, N. Dantes, and P. A. Antara, “Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa,†J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 131, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.25103.
R. Asmara and E. A. Afriansyah, “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning,†Suska J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, p. 78, 2018, doi: 10.24014/sjme.v4i2.5714.
M. Fadhli, “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi,†TadbirJurnal Stud. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 215–240, 2017, doi: 10.46244/visipena.v4i2.218.
S. M. Yanti Sri Danarwati SS, “Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan,†J. Mimb. Bumi Bengawan, vol. 6, no. 13, pp. 1–18, 2013.
A. Aziz, “Peningkatan Mutu Pendidikan,†J. Stud. Islam Peningkatan Mutu, vol. 10, no. 2, pp. 1–14, 2015.
M. Darkasyi, R. Johar, and A. Ahmad, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe,†J. Didakt. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 21–34, 2014, doi: 10.24815/dm.v1i1.1336.
F. G. Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,†Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 203–210, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/35.
E. T. Wahyuni, S. Hendryawan, A. Nasrullah, and T. Y. Wachyar, “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Think Pair Share (Tps),†Symmetry Pas. J. Res. Math. Learn. Educ., vol. 3, pp. 125–136, 2018, doi: 10.23969/symmetry.v3i2.1253.
M. S. Antika, L. Andriani, and R. Revita, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP,†JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 2, p. 118, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i2.7553.
A. Apriliana, C. Oktafianingsih, and I. A. Kamaludin, “Keanekaragaman insecta serasah daun di daerah potrobangsan dengan metode sampel acak sederhana,†vol. 3, pp. 202–207, 2019.
Raupong, “Auxiliary Variable,†Penaksiran rataan dan varians Popul. pada sampel acak terstratifikasi dengan Aux. Var., vol. 12, no. 1, pp. 9–18, 2015, doi: 10.4135/9781412963947.n31.
N. Sribina, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa,†SEMNASTIKA UNIMED, 2017, [Online]. Available: http://digilib.unimed.ac.id/26612/2/Fulltext.pdf.
R. Istiarini and S. Sukanti, “Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012,†J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 1, pp. 98–113, 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i1.924.
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :