PROSES BERPIKIR METAFORA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA
Abstract
Proses berpikir metafora berperan penting dalam mentransformasikan dan mengaitkan situasi permasalahan yang dihadapi siswa dengan konsep yang lebih dikenalinya, sedangkan self-confidence memotivasi siswa agar selalu belajar, memperbaiki diri, dan tidak menyerah terhadap suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir metafora dalam memecahkan masalah segitiga dan segiempat ditinjau dari self-confidence siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melaksanakan tes proses berpikir metafora, angket self-confidence, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal tes proses berpikir metafora dan angket self-confidence. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sidamulih yang memiliki self-confidence rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir metafora siswa sebagai berikut: (1) siswa dengan self-confidence rendah mencapai 4 indikator tahapan, yaitu: explore, analyze, transform, dan experience, (2) siswa dengan self-confidence sedang mencapai 5 indikator tahapan, yaitu: connect, relate, analyze, transform, dan experience, dan (3) siswa dengan self-confidence tinggi mampu melalui semua indikator tahapan yaitu connect, relate, explore, analyze, transform, dan experience.
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah M A 2017 Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 10(2) 115-127 DOI: 10.30870/jppm.v10i2.2036
Surya M 2013 Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru dan untuk Guru (Bandung: Alfabeta)
Siagian M D 2016 Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika MES: Journal of Mathematics Education and Science 2(1) 58-67 DOI: 10.30743/mes.v2i1.117
Kamarullah 2017 Pendidikan Matematika di Sekolah Kita Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 1(1) 21–32 DOI: 10.22373/jppm.v1i1.1729
Departemen Pendidikan Nasional 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Pusat Bahasa)
Isnaeni 2014 Penerapan Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 1 248-254
Suciati I 2019 Penggunaan Sajak Matematika (Cinquains) pada Materi Bangun Datar Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2(1) 9-16 DOI: 10.31970/gurutua.v2i1.18
Setiawan W 2016 Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 7(2) 208–216 DOI: 10.15294/kreano.v7i2.7127
Sukmawati S & Amelia R 2020 Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(5) 423 – 432. DOI: 10.22460/jpmi.v3i5
Sumiati A & Agustini Y 2020 Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Siswa SMP Kelas VII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1) 321-330. DOI: 10.31004/cendekia.v4i1.184
Rakhmat J 2000 Psikologi Agama (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Purnama S & Mertika 2018 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self-Confidence Journal of Educational Review and Research 2(1) 59-63 DOI: 10.26737/jerr.v1i2.1619
Parsons S, Croft T & Harrison M 2011 Engineering Student’s Self-Confidence in Mathematics Mapped onto Bandura’s Self-Efficacy Engeenering Education, 6(1) 52 – 61 DOI: 10.11120/ened.2011.06010052
Salamah FN & Amelia R 2019 Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1) 28 – 33. DOI: 10.31004/cendekia.v3i1.68
Novtiar C & Aripin U 2017 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended Jurnal PRISMA 6(2) 119-131 DOI: 10.35194/jp.v6i2.122
Sumarmo U 2015 Berfikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia)
Sunito I 2013 Metaphorming (Jakarta: Indeks)
Nurhikmayati I 2017 Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 1(2) 42-50 DOI: 10.31949/th.v1i2.377
Alhaddad I 2012 Sejauh Mana Guru Menggunakan Metafora dalam Kepeduliannya untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Jurnal Infinity 1(2) 261-287 DOI: 10.22460/infinity.v1i2.p159-168
Hendriana H 2012 Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Jurnal Infinity 1(1) 90-103 DOI: 10.22460/infinity.v1i1.p90-103
Sugiarni R & Ramdhani S 2018 Meningkatkan Kemampuan Metafora Menggunakan Strategi REACT Berbantuan Bahan Ajar Aljabar Jurnal Analisa 4(1) 10-15 DOI: 10.15575/ja.v4i1.2485
Ratnaningsih N, Hermanto R & Kurniati NS 2019 Mathematical Communication and Social Skills of The Students Through Learning Assurance Relevance Interest Assessment and Satisfaction International Symposium on Sciences, Engineering, and Technology, Journal of Physics: Conf. Series 1360, DOI: 10.1088/1742-6596/1360/1/012032
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :