ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS

Nurina Hidayah, Nisrina Nabila

Abstract


Artikel ini merupakan analisis terhadap hasil test soal pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan metakognisi. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi teorema Phytagoras saat diterapkannya strategi pembelajaran daring (dalam jaringan) di SMP Negeri 16 Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan meninjau kemampuan metakognisi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian yang digunakan yaitu 6 siswa yang dikategorikan berdasarkan tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah pada kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan sebanyak 2 butir soal. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi mampu memenuhi seluruh aktivitas metakognisi pada tahap pemecahan masalah Polya. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan matematis sedang hampir melaksanakan semua aktivitas metakognisi mengembangkan perencanaan, pemantauan pelaksanaan, dan mengevaluasi tindakan di setiap tahap pemecahan masalah Polya, tetapi mereka sempat lupa cara dalam melakukan permisalan sehigga membuat mereka tidak yakin terhadap langkah penyelesaiannya. Siswa yang memiliki kemampuan pemecahan matematis rendah tidak melaksanakan semua aktivitas metakognisi pada tahap memahami masalah, perencanaan, pemantauan pelaksanaan, dan mengevaluasi tindakan di setiap tahap pemecahan masalah Polya, hal ini dikarenakan mereka tidak memahami materi Pythagoras.

 

This article analyzes the results of mathematical problem-solving tests for students in terms of metacognitive abilities. The analysis carried out aims to determine the mathematical problem-solving capacity of the Pythagorean theorem when applied online learning strategies (on the network) at SMP Negeri 16 Pekalongan in the 2021/2022 academic year, reviewing students' metacognitive abilities. The research method used is descriptive qualitative. The research subjects used were six students categorized based on three categories: high, medium, and low mathematical problem-solving abilities. The mathematical problem-solving ability test instrument used is two questions. Based on the analysis results, it is known that students who have high mathematical abilities can fulfill all metacognitive activities at the Polya problem-solving stage. Meanwhile, students who have moderate mathematical ability in almost all metacognitive activities develop planning, monitoring implementation, and evaluating actions at each stage of Polya's problem-solving. Still, they forget how to work on examples, so they are unsure of the steps to solve them. Students who have low mathematical solving abilities do not carry out all metacognitive activities at the stage of understanding the problem, planning, monitoring the implementation, and evaluating actions at each stage of Polya's problem-solving. This problem occurs because they do not understand the Pythagorean material.


Full Text:

PDF

References


Purwasi L A 2019 The Development Of Higher-Order Thinking Skills On Junior High School Students Through Guided Inquiry-Based Learning Approach Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 11(2) 311–322 http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40859

Yazdi M 2012 E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi Jurnal Ilmiah Foristek 2(1) 143-152

Sholihah D A & Mahmudi A 2015 Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2) 175–185 https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Hidayat W & Sariningsih R 2018 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended Jurnal Nasional Pendidikan Matematika 2(1) 109–118 http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Hendriana H & Soemarmo U 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung: Refika Aditama)

Mulyanti N R, Yani N, & Amelia R 2018 Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3) 415–426 http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Fachis C, Azizah D, & Hidayah N 2020 Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Program Linear Melalui Tahapan Newman Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 2(1) 41–51 https://doi.org/10.37729/jipm.v2.n1.5

Santrock J W 2011 Educational Psychology 5th Edition J. Educ. Psychol., 1 2011.

Sudia M 2016 Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Terbuka Ditinjau dari Perbedaan Gender Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 22(1) 17–24

Wahyudin M 2016 Pengaruh Metakognisi, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo Daya Matematika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 4(1) 72–82 https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2453

Miles M B & Huberman A M 1992 Analisis data kualitatif (Jakarta Penerbit Univ. Indonesia)

Atteh E, Andam E, & Obeng– Denteh W 2017 Problem Solving Framework for Mathematics Discipline Asian Research Journal Mathematics 4(4) 1–11 doi: 10.9734/arjom/2017/32586

Wardhani S 2010 Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP (Yogyakarta: PPPPTK)

Iswahyudi G 2012 Aktivitas Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Langsung Ditinjau dari Gender dan Kemampuan Matematika Makalah Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Matematika 1-12

Zulhakim A & Heryani Y Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi Structure of the Observed Learning Outcomes Journal of Authentic Research on Mathematics Education 2(1) 20–29 https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1298

Mahromah L A & Manoy J T 2013 Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika Jurnal MahasiswaTeknologi Pendidik 2(1)

Anggo M 2011 Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika 1(1) 25–32 doi: 10.22437/EDUMATICA.V1I01.188.

Suhandri S, Marzuki M & Negara H N R P 2021 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Journal of Authentic Research on Mathematics Education 3(1) 93–104 doi: 10.37058/jarme.v3i1.2440.

Syarifudin M T, Somatanaya A G & Hermanto R 2022 Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Journal of Authentic Research on Mathematics Education 2(1) 30–37 https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1307




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal