PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika berbasis Android dengan bantuan software Articulate Storyline 3 dan mengetahui kelayakan media pembelajarannya. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kisi-kisi wawancara studi pendahuluan dan angket penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi, dan peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Kuningan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis Android dengan nama ABEMAT (Aplikasi Belajar Matematika). Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, dan kualitas instruksional. Pada penilaian teknis, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, sedangkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori layak, dan berdasarkan angket penilaian kualitas instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran dinyatakan masuk pada kategori layak sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Purwanto A, Pramono R, & Asbari M 2020 Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1) 1–12 https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Bao W 2020 COVID â€19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University Human Behavior and Emerging Technologies 2(2) 113–115 DOI: 10.1002/hbe2.191
Verawardina U, Asnur L, Lubis A L, Hendriyani Y, Ramadhani D, Dewi I P & Sriwahyuni T 2020 Reviewing online learning facing the Covid-19 outbreak Talent Development & Excellence
Gunawan G, Suranti N M Y, & Fathoroni F 2020 Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period Indonesian Journal of Teacher Education 1(2) 61-70 https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95
Ahmed S, Shehata M, & Hassanien M 2020 Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform MedEdPublish 9(1) DOI: 10.15694/mep.2020.000075.1
Astuti I A D, Sumarni R A, & Saraswati D L 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android Jurnal Penelitian Pengemabangan Pendidikan Fisika 3(1) 57 DOI: 10.21009/1.03108
Harahap M & Siregar L M 2018 Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran Educationalary 2–3
Gunawan, Harjono A, Sahidu H, & Herayanti L 2017 Virtual Laboratory to Improve Students’ Problem-Solving Skills on Electricity Concept Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6(2) 257–264 DOI: 10.15294/jpii.v6i1.8750
Newzoo 2020 Top Countries by Smartphone Users https://newzoo.com/insights/ rankings/top-countries-by-smartphone-penetration-and-users/.
Statcounter G 2020 Mobile Operating System Market Share Worldwide - December 2020 https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/worldwide
Maiyana E 2018 Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa Jurnal Sains dan Informatika 4(1) 54–65 DOI: 10.22216/jsi.v4i1.3409
Masykur R, Nofrizal N, & Syazali M 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika 8(2) 177 DOI: 10.24042/ajpm.v8i2.2014
Setyadi D & Qohar A 2017 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(1) 1–7 DOI: 10.15294/kreano.v8i1.5964
Jawahir Gustav Rizal 2021 Sejarah Adobe Flash yang Berhenti Beroperasi Mulai 1 Januari 2021 https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/03/200000665 /sejarah-adobe-flash-yang-berhenti-beroperasi-mulai-1-januari-2021?page=all
Ningsih S & Adesti A 2019 Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Universitas Baturaja Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(2) 163–172 DOI: 10.17977/UM039V4I22019P163
Pratama R A 2019 Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Jurnal Dimensi 7(1) 19–35 DOI: 10.33373/dms.v7i1.1631
Khusnah N, Sulasteri S, Suharti S, & Nur F 2020 Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline Jurnal Analisa 6(2) 197–208 DOI: 10.15575/ja.v6i2.9603
Lee W W & Owens D L 2004 Multimedia-Based Intructional Design (San Fransisco: Pfeiffer)
Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: ALFABETA)
Arikunto S 2016 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :