PERANAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP PENCAPAIAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Realistic Mathematics Education berbasis matematisasi progresif (RME-MP) terhadap kemampuan self regulated learning (SLR) siswa ditinjau dari: (1) pengetahuan awal matematis (PAM), (2) peringkat sekolah (PS), dan (3) keseluruhan siswa (KS).  Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent group pretes-postes design. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan RME-MP dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran biasa (PB). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kota Tangerang yang terdiri dari sekolah level sedang dan sekolah level rendah. Sampel yang digunakan adalah SMPN 2 Kota Tangerang sebagai sekolah level sedang dan SMPN 16 Kota Tangerang sebagai sekolah level rendah, yang masing-masing diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi angket skala SLR, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kategori PAM level sedang pencapaian SLR siswa yang mendapatkan RME-MP secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mendapatkan PB; (2) pada kategori PS level sedang dan rendah, pencapaian SLR siswa yang mendapatkan RME-MP secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mendapatkan PB, (3) pada kategori total siswa bahwa pencapaian SLR siswa yang mendapatkan RME-MP secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mendapatkan PB.
Full Text:
PDFReferences
Sunawan 2002 Pengaruh pengendalian diri dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa SMU (Tesis, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM)
Alsa S 2005 Program belajar, Self Regulated learning dan Prestasi Matematika Siswa SMU di Yogyakarta (Desertasi. Yogyakarta: Fakultas Psikolosi UGM)
Nofriyandi 2016 Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual Teknik Tari Bambu (Desertasi UPI: Tidak diterbitkan)
Dewi S 2021 Pengaruh Intelegensi Quotient Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika 5(1)
Gunarti E 2017 Hubungan antara Kreatifitas, Kemampuan Numerik dan Sikap Siswa terhadap Pelajaran Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se-Kecamatan Pundong UNION: Jurnal Pendidikan Matematik 5(1)
Setiawarni, A dkk 2019 Pengaruh Penerapan pendekakatan RME terhadap kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Regulated Learning siswa SMP Journal Research in Mathematics Learning 2(3) 227-238
Bandura A 1989 Regulation of Cognitive Processes Through Perceived Self Efficacy Developmental Psychology 25(5) 725-739
Warsito, Darhim, and Herman T 2018 Improving students’ mathematical representational ability through RME-based progressive mathematization Journal of Physics: Conference Series 948
Warsito 2019 Matematisasi Progresif Pada Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Representasi Matematis, Abstraksi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika (Desertasi UPI: Tidak diterbitkan)
Wijaya A 2012 Pendidikan Matematika Realistik (Yogyakarta: Graha Ilmu)
Hadi 2005 Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Implementasinya (Banjarmasin, Indonesia: Tulip)
Gravemeijer K 2011 How Concrete is Concrete. Zulkardi (penyunting) Journal on Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 1-13
Fraenkel J & Wallen N 1993 How to Design and Evaluate Research in Education (New York: McGrawHill)
Leary M R 2008 Introduction to Behavioral Research Methods (Duke University:Pearson International Edition)
Ruseffendi H E T 2010 Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya (Bandung: Tarsito)
Kairudin & Darmawijoyo 2011 The Indonesian’s Road Transportations as The Contexs to Support Primary School Student Learning Number Operation Journal on Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 67-78
BSNP 2006 Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional)
Cleary T J & Chen P P 2009 Self-regulation, motivation, and math achievement in middle school: variations across grade level and math context Journal of School Psychology 47(5) 291-314
Sumarmo U 2013 Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya (Sekolah Pascasarjana UPI Bandung)
Fauzi K M 2011 Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pendekatan Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama (Desertasi: Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan)
Gravemeijer 1994 Developing Realistic Mathematics Education (Utrecht: Kluwer Academic Publishers)
Gardner H 1991 The unschooled mind: How Children think and how schools should teach (New York: Basic Books)
Kemdikbud 2013 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Montalvo F T & Torres M C 2008 Self-regulated learning: Current and future directions Electronic Journal of Research in Educational Psychology 2(1) 1-34
Putten C M V, Petra A V D B & Beishuizen M 2005 Progressive Mathematization of Long Division Strategies in Dutch Primary Schools Journal for Research in Mathemamatics Education 36(1) 44-73
Puustinen M & Pulkkinen L 2001 Models of self-regulated learning: Areview. Scandinavian Journal of Educational Research 45(3) 269 - 286
Pintrich P R & De Groot E V 1990 Motivasional and Self Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance Journal of Education Phychology 82(1) 33-40
Qohar A 2010 Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Koneksi dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar matematika Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching (Disertasi UPI: Tidak Diterbitkan)
Somakim 2010 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematik. Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik (Disertasi UPI: Tidak Diterbitkan)
Sugiman 2010 Dampak Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Yogyakarta (Disertasi UPI: Tidak Diterbitkan)
Treffers A 1987 Three dimensions: A model of goal and theory descriptions in mathematics instruction – the Wiskobas project (Dordrecht, the Netherlands: Kluwer)
Zimmerman B J & Schunk D H 1989 Self-Regulated Learning and Academic Achievement Theory, Research, and Practice (Springer-Verlag: New York)
Zimmerman B J 1989 A Social Cognitive View of Self Regulated Learning Journal of educational Psychology 81(3) 1-23
Zimmerman B J 1990 Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Over view Educational Phychologist 25(1) 3-17
Zimmerman B J 2002 Becoming a Self-Regulated Learner: An overview, Theory Into Practice 41 64-70
Muhtadi, D & Sukirwan 2017 Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Jurnal Mosharafa 6(1) 1-12 https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289
Warsito, Nuraini Y, Sukirwan & Muhtadi D 2019 The design learning of fraction with realistic mathematics education in elementary school Journal of Physics: Conference Series 1188 (2019) 012110 doi:10.1088/1742-6596/1188/1/012110
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :