ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kelancaran prosedural matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar Silver dan Hanson. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif dengan teknik think aloud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kelancaran prosedural matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal kelancaran prosedural matematis meliputi empat sampai lima indikator yaitu memilih prosedur, menggunakan prosedur, memanfaatkan prosedur, mengembangkan prosedur dan memodifikasi atau memperbaiki prosedur pada materi Segiempat dan Segitiga serta memenuhi gaya belajar Silver dan Hanson. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek mastery learning (SML), subjek interpersonal learning (SIL) dan subjek understanding learning (SUL) mampu memilih prosedur yang tepat untuk memperkirakan hasil penyelesaian soal, dapat menggunakan prosedur yang telah dipilih, dapat memanfaatkan prosedur dengan menuliskan cara lain dalam menghitung luas, dapat mengaplikasikan konsep perbandingan dalam mengembangkan prosedur, dan dapat memperbaiki prosedur yang ada dengan hasil jawaban yang benar, (2) Subjek mastery learning (SML) dan subjek understanding learning (SUL) mampu menuliskan langkah-langkah pengerjaan soal secara lengkap, dan terperinci (3) Subjek mastery learning (SML) dan subjek self-expressive learning (SSL) mengerjakan soal tes dengan langkah pengerjaan yang berurutan sesuai dengan perintah di soal. Â
Full Text:
PDFReferences
Kilpatrick J, Swafford J, & Findell B 2002 Adding It Up (Helping Children Learn Mathematics) (Washington DC: National Academy Press)
National Council of Teachers of Mathematics 2014 Procedural Fluency in Mathematics 1-2 https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_ Positions/Position_Statements/Procedural%20Fluency.pdf
Damayanti E, Sugiatno, & Sayu S 2018 Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar di Sekolah Menengah Pertama Jurnal Untan https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb /article/view/28588/75676578463
Badjeber & Mailili 2018 Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas SMP pada Materi SPLDV ditinjau dari Gaya Kognitif Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 11(2) 41-53 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ JPPM/article/ view/3753/2747
Hidayatulloh 2015 Pemetaan Tingkat Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pemecahan Masalah Soal Analisis Real 2 Ditinjau dari Gaya Belajar Jurnal Pendidikan Matematika e-DuMath 1 (2) 97-105
Khoerunnisa S N, Ratnaningsih N, & Muslim S R, 2020 Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Silver dan Hanson Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2 (1) 67-78 DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1314
Silver H F & Hanson R J 1996 Learning Styles & Strategies Thoughtful Education Press http://www.allen.kyschools.us/Downloads/Learning%20Styles.pdf
Ratnaningsih N & Hidayat E 2020 Reflective mathematical thinking process and student errors: an analysis in learning style Journal of Physics: Conference Series 1613 (2020) 012037 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012037
Yunaeti N, Arhasy EAA, & Ratnaningsih N 2021 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Menurut Teori John Dewey Ditinjau dari Gaya Belajar Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3 (1) 10-21 DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2212
Satori D & Komariah A 2017 Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta)
Hamdi M & Ismaryanti, S 2014 Metodologi Penelitian Administrasi: Filosofi penelitian Modul Universitas Terbuka 1-38 http://repository.ut.ac.id/4613/
Charters E 2003 The Use of Think-aloud Methods in Qualitative Research an Introduction to Think-aloud Methods Brick Education 42(5) 68-82
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Bandung: Alfabeta)
Golden J 2010 Mathematical Learning Inventory https://id.scribd.com/doc/ 38530677/Math-Learning-Inventory-Adapted
Azizahwati A, Sutono S B, & Alfarisi S 2017 Penerapan Strategi Mastery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar II Jurnal Geliga Sains 5(2) 104-109 https://jgs.ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/download/4859/4585
Silver H F, Brunsting J R, & Walsh T 2012 Math Tools, Grades 3-12 (California: Corwin Press) https://www.corwin.com/sites/default/files/upm-binaries/19562_Chapter_1.pdf
Sutihat & Pujiastuti H 2019 Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 9(1) 45-58 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i1.3119
Maghfuroh Y & Muhtadi D 2019 Efektivitas Model Brain Based Learning Untuk Menggali Kelancaran Prosedural Peserta Didik Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers (Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi)
Ardayeni E, Yuhana Y, & Hendrayana A 2019 Analisis Germane Cognitive Load Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Matematis pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :