DESAIN PEMBELAJARAN HIMPUNAN MELALUI PERANCANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Sukirwan Sukirwan, Putri Ramadhani Fitri, Warsito Warsito, Hairul Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran himpunan melalui perancangan hipotesis lintasan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain, yang meliputi tahapan: studi pendahuluan, eksperimen pengajaran, dan analisis retrospektif. Penelitian diawali dengan analisis situasi problematik, studi historis, serta analisis pengalaman guru mengajarkan materi himpunan hingga terbentuk hipotesis lintasan belajar awal. Rancangan pembelajaran disusun berdasarkan hipotesis lintasan belajar awal yang kemudian diujicobakan melalui 2 tahapan, yaitu: pengajaran pendahuluan, dan eksperimen pengajaran. Analisis retrospektif dilakukan pada masing-masing tahapan tersebut dengan membandingkan antara hipotesis lintasan belajar awal dengan lintasan belajar aktual hingga diperoleh hipotesis lintasan belajar final. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 Agustus-10 Desember 2021 dengan melibatkan 20 siswa SMP Madinatul Hadid kelas VII B pada tahap pengajaran pendahuluan dan 20 siswa SMP Madinatul Hadid kelas VII A pada tahap eksperimen pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat melalui hipotesis lintasan belajar melalui konteks survey jajanan sekolah, yang terdiri dari aktivitas: mendaftar objek jajanan di kantin sekolah (masalah kontekstual), mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik/sifat objek yang identik (pemodelan), membuat relasi dua himpunan berdasarkan objek (anggota himpunan) yang sama (membangun pengetahuan), menggunakan notasi formal irisan dan gabungan (matematika formal). 


Full Text:

PDF

References


Manurung M M, Windria H, & Arifin S 2018 Desain pembelajaran materi himpunan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas VII Jurnal Derivat 5(1) 19–29 Doi: 10.31316/j.derivat.v5i1.143

Ferreirós J 2007 Labyrinth of thought: A history of set theory and its role in modern mathematics (Basel: Birkhuser Verlag AG)

Hidayat D W & Pujiastuti H 2019 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan Jurnal Analisa 5(1) 59–67 Doi: 10.15575/ja.v5i1.4120

Wulandari S 2016 Pengaruh penggunaan media video pembelajaran pada materi himpunan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP NU Palembang (Tesis UIN Raden Fatah) http://eprints.radenfatah.ac.id/1044/

Dwidarti U, Mampouw H L, & Setyadi D 2019 Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika 3(2) 315–322 Doi: 10.31004/cendekia.v3i2.110

Lestari A 2014 Penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita tentang himpunan di kelas VII MTsN Palu Barat Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 2(1) 1–10

Mumu J & Tanujaya B 2018 Desain pembelajaran materi operasi pada himpunan mengunakan permainan ‘Lemon Nipis Journal of Honai Math 1(1) 14–23 Doi: 10.30862/jhm.v1i1.770

Ratuanik M 2019 Desain pembelajaran pada materi himpunan menggunakan model problem based learning Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika 1(2) 93–104 https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/issue/view/38

Sholihah I & Rejeki S 2020 Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pembelajaran himpunan Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika 4(1) 1–16 Doi: 10.30659/kontinu.4.1.1-16

Astuti W & Wijaya A 2020 Learning trajectory berbasis proyek pada materi definisi himpunan Jurnal Riset Pendidikan Matematika 7(2) 254–266 Doi: 10.21831/jrpm.v7i2.16483

Muhtadi D & Sukirwan 2017 Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1) 1-12 https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.289

Warsito, Muhtadi D & Sukirwan 2020 Peranan Pembelajaran Matematika Realistik Melalui Matematisasi Progresif Terhadap Pencapaian Representasi Matematis Siswa SMP Journal of Authentic Research on Mathematics Education 2(2) 132-141 https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1789

Warsito, Nuraini Y, Sukirwan, & Muhtadi D 2019 The design learning of fraction with realistic mathematics education in elementary school Journal of Physic Conference Series 1188 Doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012110

Prahmana R C L 2017 Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar) (Jakarta: Rajawali Press)

Evi S 2011 Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan ke-SD-an edisi khusus 2 79–85 http://jurnal.upi.edu/file/9-Evi_Soviawati-edit.pdf

Gravemeijer K 1994 Developing realistic mathematics education (Utrecht: Freudenthal Institute)

Wijaya A, Elmaini, & Doorman M 2021 A learning trajectory for probability: A case of game-based learning Journal on Mathematics Education 12(1) 1–16 Doi: 10.22342/JME.12.1.12836

Akker J V D, Bannan B, Kelly A E, Nieveen N, & Plomp T 2007 An introduction to educational design research (Netherland: SLO Netherland Institute for Curriculum Development)

Gravemeijer K & Cobb P 2006 Utrecht, the Netherlands Susan McKenney University of Twente, the Netherl in Design research from a learning design perspective 17–51




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal