PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK MENURUT EDWARD DE BONO DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI DOMINASI OTAK

Icha Sofia Nurazizah, Dedi Muhtadi, Redi Hermanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah menganalisis proses berpikir peserta didik menurut de Bono dalam memecahkan masalah matematik ditinjau dari dominasi otak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berasal dari tiga kelompok yaitu peserta didik berdominasi otak kiri, kanan dan seimbang. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik berdominasi otak kiri memiliki proses berpikir vertikal, berdominasi otak kanan memiliki proses berpikir lateral, dan berdominasi otak seimbang memiliki proses berpikir vertikal juga berpikir lateral. Namun terdapat perbedaan berpikir vertikal antara peserta didik berdominasi otak seimbang dengan yang berdominasi otak kiri, yaitu peserta didik berdominasi otak seimbang dalam memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian melalui membaca holistik dengan pendekatan intuitif, sedangkan peserta didik berdominasi otak kiri melalui membaca fonetik, rasional dan detail. Perbedaan juga terdapat antara berpikir lateral peserta didik berdominasi otak seimbang dengan peserta didik berdominasi otak kanan, yaitu peserta didik berdominasi otak seimbang dalam menyelesaikan masalah dengan cara analitis dan menunjukkan respon verbal, sedangkan peserta didik dominasi otak kanan tidak menunjukkan proses penyelesaian yang analitis (sintetis) dan menunjukkan respon non verbal.


Full Text:

PDF

References


Sugiman & Kusumah Y S 2010 Dampak pendidikan matematika realistik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP IndoMS Journal on Mathematics Education 1(1) 41-51 Doi: 10.22342/jme.1.1793.41-52

Achsin M 2016 Kemampuan pemecahan masalah pada PBL pendekatan kontekstual dalam tujuan inventori kesadaran metakognitif Prosiding Seminar Nasional Matematika 696-704

Hendriana H & Soemarmo U 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung Indonesia: Penerbit Refika Aditama)

Nurjanah S, Hidayanto E, & Rahardjo S 2019 Proses berpikir siswa berkecerdasan matematis logis dalam menyelesaikan masalah matematis “ill structured problems Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4(1) 1441-1447 http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12977

Sulasmono B S 2016 Problem solving: signifikansi, pengertian dan ragamnya Satya Widya 28 (2) 156-165 https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155-166

de Bono E 2015 Lateral Thinking: Creativity Step by Step (e-book)

Hernandez J S & Varkey P 2008 Vertical versus lateral thinking Leadership 34(3) 26–28

Susilawati W, Suryad D & Dahlan J A 2018 Improvement of mathematical lateral thinking skills and student character through challenge-based learning International Conference on Islamic Education 96-97

Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students' mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style Journal of Physics: Conference Series 1188 012082

Mulyadi I & Muhtadi D 2019 Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gender 5(1) 1-8 https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i1.661

Sadiqin I Kh, Istyadji M, & Winarti A 2017 Optimizing the student's right brain in chemistry learning process Quantum 8(1) 27-35 http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v8i1.3856

Rene R B, Jose M & Ocampo Jr 2019 Brain dominance, learning styles, and mathematics performance of pre-service mathematics teachers ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan 9(1) 1-14 https://doi.org/10.2121/atikan-journal.v9i1.1269

Oflaz, M 2011 The effect of right and left brain dominance in language learning Procedia - Social and Behavioral Sciences 15(1) 1507-1513 https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.320

Munawaroh H 2005 Neuroscience dalam pembelajaran Majalah Ilmiah Pembelajaran 1(1) 117-127

Singh P 2015 Interaction effect of brain hemispheric dominance and self concept on academic achievement in mathematics Research Inventy: International Journal of Engineering and Science 5(9) 27-32

Mansour E A, El-Araby M, Pandaan I N & Gemeay E M 2017 Hemispherical brain dominance and academic achievement among nursing students IOSR Journal of Nursing and Health Science 6(3) 32-36 DOI: 10.9790/1959-0603083236

Yohanes R S 2013 Strategi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari dominasi otak kiri dan otak kanan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (FMIPA UNY, Yogyakarta)

Tendero J 2000 Hemispheric dominance and language proficiency levels in the four macro skills of Western Mindanao (State University College Students)

Miles M B & Huberman A M 1994 Qualitative Data Analysis: An analytic approach for discovery (Second Edi SAGE Publications)

Oflaz, M 2011 The effect of right and left brain dominance in language learning Procedia - Social and Behavioral Sciences 15(1) 1507-1513 https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.320

Widyastuti E & Jazuli A 2018 Deskripsi kemampuan berpikir analitik matematis mahasiswa pendidikan matematika Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama (Universitas Muhamadiyah Purwokerto)

Leonard 2013 Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan Jurnal ilmiah Pendidikan 1(1) 54-63 https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1259

Andersen J F 2017 Teacher immediacy as a predictor of teaching effectiveness. annal of international communication association 3(1) 543-559 https://doi.org/10.1080/23808985.1979.11923782

Sukmanagara B & Madawistama S T 2020 Bagaimana siswa menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis ditinjau dari dominasi otak? Journal of Authentic Research on Mathematics Education 3(2) 151-165 https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3218

Wigati & Sutriyono 2017 Deskripsi penggunaan otak kiri dan otak kanan pada pembelajaran matematika materi pola bagi siswa SMP Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online) 1(10) 1021-1030




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4290

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal