PEMBELAJARAN BERNUANSA ETNOMATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA BUDAYA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Inovasi pembelajaran harus selalu dilakukan guru untuk dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan menumbuhkan karakter cinta terhadap budaya. Salah satunya adalah dengan menerapkan etnomatematika ke dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi literatur tentang bagaimana implementasi dari pembelajaran etnomatematika terhadap karakter cinta budaya serta kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pencarian artikel dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk artikel yang diterbitkan antara tahun 2016 - 2022 yang berhubungan dengan pembelajaran etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter cinta budaya. Terdapat 9 artikel yang diperoleh dari database Google Scholar dan SINTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran  etnomatematika secara efektif dapat membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekaligus karakter cinta budaya, implementasinya digunakan sebagai pendekatan yang melekat pada model pembelajaran dan media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q. (2019). Identifikasi kemampuan metakognisi siswa SD dalam pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematika. Journal of Medives, 3(1), 97–107. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.688
Astutiningtyas, L. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(76). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/907/727
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157. https://doi.org/10.29240/ja.v2i2.2235
Cahyaningrum, N., & Sukestiyarno, Y. (2016). Pembelajaran REACT berbantuan modul etnomatematika meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50–59. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran problem based learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari gaya kognitif abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada candi muaro jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1056
Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual learning with Ethnomathematics in enhancing the problem solving based on thinking levels. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 331–344. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.11679
Nuriyati, & Supriadi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda dengan Media Congklak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15473–15481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4844/4119
Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis etnomatika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan membangun karakter positif siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30–40. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24249/14660
Pratiwi, S. D., & Budiarto, M. T. (2017). Profil metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 6(1), 179–186. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8722
Priharsari, D. (2022). Systematic literature review di bidang sistem informasi dan ilmu komputer. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(2), 263–268. https://doi.org/10.25126/jtiik.202293884
Purwaningrum, J. P. (2019). Model discovery learning berbasis etnomatematika pada bangun ruang untuk menumbuhkan kemampuan literasi dan karakter nasionalisme pada generasi Z 4 . 0. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254–260. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/4837
Qadry, I. K. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten soace and shape pada kelas IX SMP Negeri 13 Makasar. Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92. https://science.e-journal.my.id/ijma/article/view/99
Rachmady, R., Anggo, M., & Busnawir, B. (2019). Analisis metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(1), 35–44. https://doi.org/10.33772/JPBM.V4I1.6927
Setiana, D. S., Pardimin, P., Ayuningtyas, D., Supriadi, D., & Nisa, F. (2021). Gemstones as ethnomathematical object in e-LKPD which is used in analyzing the ability to solve story questions. The 3rd International Conference on Technology, Education and Science, 135–141. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/incotes/index
Setyani, Y. L., & Amidi. (2022). Telaah model PBL-RME bernuansa etnomatematika pada outdoor learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Suhartini, & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geometri berbasis etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198
Suryapuspitarini, B. K., & Dewi, N. R. (2018). Problem solving ability viewed from the adversity quotient on mathematics connected mathematics project learning (CMP) with etnomathematics nuanced articles info. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 123–130. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.5984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :