STUDI INVESTIGASI MATEMATIS SISWA: PERBANDINGAN ANTARA KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Ihsan Nuril Anwar, Santi Auliya Hidayati, Julva Rizky Fadilah, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses investigasi matematis siswa berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data think-aloud saat siswa mengerjakan soal tes investigasi matematis. Subyek penelitiannya adalah empat siswa kelas VII SMP Negeri di Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert mampu memahami masalah dengan kata-katanya sendiri secara ringkas, mengajukan masalah secara umum, mengkhususkan diri, dan membuat dugaan dengan percaya diri dan asertif. Namun, mereka kurang akurat dan detail dalam membuktikan dugaan mereka dan menghasilkan generalisasi yang kurang akurat. Selain itu, mereka cenderung melewatkan pemeriksaan ulang hasil dan kesulitan dalam fase perpanjangan. Sebaliknya siswa introvert mampu memahami permasalahan secara rinci dan teratur, mengajukan permasalahan secara spesifik, mengkhususkan secara jelas, dan membuat dugaan yang cermat. Mereka membuktikan dugaan mereka secara akurat dan rinci, menghasilkan generalisasi yang tepat, dan memeriksa kembali hasilnya, meskipun mereka juga menghadapi tantangan dalam fase perluasan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian berpengaruh terhadap proses penyelidikan matematis, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa ekstrovert dan introvert dalam hal akurasi, kepercayaan diri, dan kemampuan generalisasi

Full Text:

PDF

References


Amalina, S. V., & Ekawati, R. (2020). Profile of Open-Ended Problem Solving Based On Polya’s Steps Viewed From Mathematical Ability Level of Junior High School Students. MATHEdunesa, 9(2), 402-411, doi: 10.26740/MATHEDUNESA.V9N2.P402-411.

Boaler, J., & Staples, M. (2008). Creating mathematical futures through an equitable teaching approach: The case of Railside School. Teachers College Record, 110(3), 608-645, doi: 10.1177/016146810811000302.

Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/8343, doi: 10.20527/edumat.v8i1.8343.

Febriantika, A. A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kompetensi Keahlian. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(2), 1, doi: 10.30595/alphamath.v5i2.7329.

Halima, N., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2020). Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV ) Ditinjau Dari Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Kadikma, 11(3), 1–10.

Hartanto, H. (2019). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Jenis Stimulus Flanker terhadap Performansi Fungsi Eksekutif dan Akurasi Memori Kerja. Analitika, 11(2), 114, doi: 10.31289/analitika.v11i2.2821.

Ilyas, M., Meiyani, E., Ma’rufi, M. R., & Kaewhanam, P. (2022). Improving students’ ability in learning mathematics by using the science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. In Frontiers in Education (Vol. 7, p. 966687). Frontiers Media SA, doi: 10.3389/feduc.2022.966687.

Mishra, N. R. (2023). Constructivist approach to learning: An analysis of pedagogical models of social constructivist learning theory. Journal of research and development, 6(01), 22-29, doi: 10.3126/jrdn.v6i01.55227.

Morin, S., Djuandi, D., Inayah, S., & Siswanto, R. D. (2022). Systematic Literature Review: Self-Eficacy Matematis Siswa pada Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), doi: 10.24176/anargya.v5i1.7192.

Nabuasa, A., Karlina, I., & Blegur, S. (2022). Faded Example Sebagai Alat Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Kependidikan Matematika, 83(1), 83–89, doi: 10.30822/asimtot.v4i1.1947.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.

Putri, F. F. W., & Masiyah. (2019). Profil Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Mathedunesa, 8(58), 38–45. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n1.p38-45

Putri, S. M., Mahardayani, I. H., & Ahyani, L. N. (2022). Perilaku Konsumtif Produk Fashion Ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis dan Kepribadian Ekstrovert pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 120, doi: 10.24176/perseptual.v7i1.7664.

Putri, W. A., & Masriyah, M. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHEdunesa, 9(2), 392–401, doi: 10.26740/mathedunesa.v9n2.p392-401.

Raharjo, D. (2018). Pembelajaran Berkarakteristik inovatif abad 21 pada Materi Kemandirian Karir Peserta Didik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87-104, doi: 10.24905/cakrawala.vi0.170.

Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222, doi: 10.26877/imajiner.v3i3.7569.

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 39-51, doi: 10.17509/manajerial.v17i1.9760.

Satya, M. A., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Siswa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 211-221, doi: 10.35706/sjme.v6i2.5786.

Spindler, R. (2022). Foundational Mathematical Beliefs and Ethics in Mathematical Practice and Education. Journal of Humanistic Mathematics, 12(2), 49-71, doi: 10.5642/jhummath.gosn2205.

Subarinah, S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Profil Proses Kognitif Siswa SMP Dalam Investigasi Matematik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), doi: 10.29303/jipp.v3i1.57

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta,cv.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika: Paradigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Wang, H., Liu, Y., Wang, Z., & Wang, T. (2023). The influences of the Big Five personality traits on academic achievements: Chain mediating effect based on major identity and self-efficacy. Frontiers in psychology, 14, doi: 10.3389/fpsyg.2023.1065554

Zai, S., Mendrofa, R. N., & Zega, Y. (2023). Application of the Problem Based Learning Learning Model to Improve the Mathematical Problem Solving Ability of State Junior High School Students 4 Hilissekai for the 2021/2022 Academic Year. AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 920-926, doi: 10.57235/aurelia.v2i2.583

Zuhri, Z., Irwan, I., Ismail, I., Hidayat, H., & Hasibuan, R. (2023). Application of Group Type Learning Model Investigation of Capabilities Mathematical Communication. International Journal of Social Service and Research, 3(4), 1052-1059, doi: 10.46799/ijssr.v3i4.356

Zuniana, E. R., & Rahaju, E. B. (2019). Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa: Journal of Educational Mathematics, 8(2), 342–349. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p342-349




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.6256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal