PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI REACT
Abstract
metode eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol, dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) peningkatan kemampan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi REACT lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning tanpa strategi REACT; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi REACT lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model Problem Based
Learning tanpa strategi REACT; (3) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan model PBL dengan strategi REACT berada pada kategori baik dengan nilai persentase secara keseluruhan (total) sebesar 79,61%; dan (4) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model PBL dengan strategi REACT berada pada kategori sangat baik dengan nilai persentase secara keseluruhan (total) sebesar 87,23%.
Full Text:
PDF 46-55References
Ritonga S M 2017 Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa smp negeri 28 medan melalui pembelajaran inkuiri dengan strategi REACT AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika 6(1) pp 90-102
Sumarmo U 2013 Kumpulan makalah berpikir dan disposisi matematik serta pem- belajarannya (Bandung, Indonesia: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia)
Lestari K E 2014 Implementasi brain-based learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa smp JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 2(1) pp 36-46
Apriani D 2017 Pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1) pp 15-24
Hendriana H 2017 Hard skills and soft skills matematik siswa ( Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama)
Agustyaningrum N 2011 Implementasi model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX B SMP negeri 2 sleman Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 pp 376-387
Fajri N 2016 Korelasi antara kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) Jurnal Numeracy 2(1) pp 43-52
Purnamasari Y 2014 Pengaruh model pembelajar- an kooperatif tipe teams games tournament (tgt) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik smpn 1 kota Tasikmalaya Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1(1)
Rusman 2016 Seri manajemen sekolah bermutu model-model pembelajaran mengembangkan profesinalisme guru edisi kedua ( Jakarta, Indonesia: PT. RajaGrafindo Persada)
Al-Tabany T I B 2015 Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI) (Jakarta, Indonesia: Prenada media Group)
Sumarmo U 2014 Pengembangan hard skill dan soft skill matematik bagi guru dan siswa upntuk mendukung implementasi kurikulum 2013. In Putra, H. D. et al. (Ed), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2014 (pp. 4- 15) (Bandung, Indonesia)
Abidin Y 2016 Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 ( Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama)
Arikunto S 2015 Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :