KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA PADA MODEL QUANTUM LEARNING

Dilla Putri Aldiyanti, Zubaidah Amir MZ

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat self efficacy di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design dan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sebagai teknik sampel. Data dikumpulkan melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket self efficacy, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji anova dua arah. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis di antara siswa dengan tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Quantum Learning dan tingkat self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru jika dilihat dari tingkat self efficacy siswa.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Azwar, Saifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depoter, Bobbi, Mark Reardom, Dan Nourie- Sarah Singer. 2010. Quantum Teaching (Mempraktekkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas). Bandung: Kaifa PT Maizan Pustaka.

Destiniar, Destiniar, Jumroh Jumroh, Dan Devi Maya Sari. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 12, No. 1 115–28.

Dewi, Juli Trisna, Ida Mawarda, Dan Zainal Azis. Pengaruh Model Quantum Learning Teradap Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Mts. Journal Mathematics Education Sigma [JMES] 3, No. 1 (2022): 26–33.

Effandi Zakaria. 2007. Trend Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Utusan Publications Dan Distributors Sdn Bhd.

Fatimah Andriani, Ulfiani Rahman, Dan Andi Ika Prasasti. 2018. Memahami Konsep Matematika Dengan Quantum Learning Dan Quantum Teaching.PUSAKA 6, No. 2 : 211–18.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. 2019. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu 04 : 120–35.

Habibati. 2017. Strategi Pembelajaran Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hartono. 2010. Analisis Iteminstrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2010.

Helmiati, M.Ag, Dr. Hj. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, Dan Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills Dan Soft

Hidayah Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Pekanbaru: Suska Press.

Ira Vahlia, Satrio Wicaksono Sudarman. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 07, No. 02: 275–82.

Jatisunda, Muhammad Gilar. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1, No. 2.

Jihad Asep, Abdul Haris Dan. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Kbbi, KBBI. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Kristiyani, Titik. 2020. Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi Dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Latief, Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Vii Di Smpn 4 Padalarang). Jurnal Geografi Gea 14, No. 2.

Manuntung, Alfeus. 2018. Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang: Wineka Media.

Mas‟ud Zein, Darto. 2012. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.

Purwanto, M., Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ridwan Yudhanegara, Karunia Eka Lestari. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Reflika Aditama.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran (Mengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, H. Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, Punjabi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slametto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Sujana, I. Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, No. 1 : 29–39.

Suprapto, Edy. 2015 Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec 11, No. 1.

Swandewi, Ni Luh Putu, I. Nyoman Gita, Dan I. Made Suarsana. 2019. Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Elemen 5, No. 1 : 31–42.

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yosodipuro. 2013. Siswa Senang Guru Gemilang. Strategi Mengajar Yang Menyenangkan Dan Mendidik Dengan Cerdik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yunianti, Elis. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains, 04, No. 01 : 8–19.

Zubaidah Amir, Dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.6968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal