PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BRAIN BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, sehingga diperlukan upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui alternatif pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model brain based learning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model brain based learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan The Static Group Pretest-Posttest Design dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model brain based learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional, dan adanya sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model brain based learning.
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sinar Grafika)
Shadiq F 2004 Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika 2
Soemarmo U & Hendriana H 2014 Penilaian Pembelajaran Matematika (Bandung: PT Refika Aditama)
Sumarmo U 2013 Berpikir Dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya (Bandung: tidak diterbitkan)
Kemdikbud 2016 Peringkat dan Capaian Pisa Indonesia Mengalami Peningkatan [Online]
Sukoco H 2016 Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1)
Kotchabhakdi N 2005 Brain Based Learning: From Theories to Practice [Online]
Jensen E 2011 Pembelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru (Jakarta: Indeks)
Maghfuroh Y & Muhtadi D 2019 Efektivitas Model Brain Based Learning Untuk Menggali Kelancaran Prosedural Peserta Didik Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi 1(1) 655-663
Syarwan R 2014 Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh Jurnal Pendidikan Matematika 3(1)
Arikunto S 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta)
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :