PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP SELF CONCEPT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang bertitik tolak dari hal-hal yang Real bagi siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran yang diterapkan pada kelas VII A SMP Negeri 3 Ciruas sebagai sampel yang dijadikan sebagai kelas eksperimen telah menunjukkan adanya peningkatan sikap siswa dalam hal inisikapnya adalah self concept. Pembelajaran yang dilaksanakan baik di kelas maupun di luar kelas akan bisa berjalan jika adanya siswa yang memiliki kreatifitas tinggi tentunya dalam berpikir. Salah satu penunjang adanya pola pikir siswa yang kreatif yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran yang digunakan seperti pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) tersebut yang berfungsi untuk Meningkatkan Self Concept ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Lakapu H 2013 Strategi Belajar Mengajar “Lingkaran Ajaib Sederhanaâ€
Putri A 2014 Laporan media pembuktian rumus lingkaran
Hedriana H, Rohaeti E E, & Sumarmo U 2017 Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (Bandung: PT Refika Aditama)
Lestari E K & Yudhanegara R M 2017 Penelitian Pendidikan Matematika (Bandung: PT Refika Aditama)
Fathurrohman M 2015 Model-model Pembelajaran Inovatif (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)
Muhtadi D & Sukirwan 2017 Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Jurnal mosharafa 6 1
Purwaningrum D & Sumardi S 2016 Efek strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika kelas XI IPS Manajemen Pendidikan 11(2) 155-167
Warsito, Nuraini Y, Sukirwan & Muhtadi D 2019 The design learning of fraction with realistic mathematics education in elementary school Journal of Physics: Conference Series 188 (2019) 012110 doi:10.1088/1742-6596/1188/1/012110
Moleong L J 2011 Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Educatin (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan Jurnal Pena Ilmiah 1(1) 691-700
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :