A REALISTIC APPROACH TO TEACHING ALGEBRAIC OPERATIONS TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Norhaslina Norhaslina, Andina Andina, Reri Seprina Anggraini

Abstract


Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran aljabar. Pada kenyataannya, masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar penjumlahan dan pengurangan aljabar disebabkan pembelajaran didominasi cara-cara formal sehingga hal ini tidak mendukung pemahaman siswa tentang konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Oleh karena itu, diperlukan aktivitas belajar yang menekankan pada pemahaman konsep. Peneliti merancang aktivitas pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi berupa hypothetical Learning Trajectory (HLT) tentang materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan menggunakan pendekatan PMRI. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Kerinci yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain research. Data dikumpulkan melalui lembar aktrivitas siswa (LAS), observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan cara yang meliputi mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kontribusi berupa HLT tentang materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui pembelajaran dunia nyata atau pengalaman siswa atau hal yang dapat dibayangkan oleh siswa menggunakan LAS yang diberikan.

Full Text:

PDF

References


Anisa, R. N., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP pada materi aljabar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 237-242.

Cahyani, C. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematik, 2(1), 26-30.

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020, October). Pengaruh Pendekatan Pmri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777-785.

Kurniawan, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar serta Alternatif Pemecahannya. THEOREMS: The Original Research of Mathematics. 4(1). 69-78.

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258.

Norhaslina & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X MA Modern Arafah. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 5(1), 83-90.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323-334.

Rengkung, A. L., Pesik, A., & Pitoy, C. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bentuk aljabar. Adiba: Journal of Education, 2(2), 273-281.

Rusnawati, F. W., Hudiono, B., & Astuti, D. (2013). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di Kelas VIII Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(1).

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Sugito, I., & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII pada materi aljabar. In Prosiding Sesiomadika: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 1, pp. 538-545).

Trisnawati, S. E., Hartatiana, H., & Wardani, A. K. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 025-032.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v7i2.9443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal