STRATEGI EFEKTIF MEMBANGUN KARAKTER UNGGUL DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI LAYUNGSARI KOTA TASIKMALAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi efektif dalam membangun karakter unggul di tingkat sekolah dasar melalui implementasi pendidikan karakter berbasis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi daripada pendidikan moral, oleh karena itu pendidikan karakter bukan hanya mengajarkan benar dan salah, tetapi menanamkan kebiasaan tentang hal-hal baik dan positif sehingga siswa menjadi paham, mampu merasakan dan mau melakukan. Dalam pandangan Islam, akhlak dan karakter adalah istilah yang sama. Dalam konteks pendidikan modern, pendidikan karakter telah menjadi fokus penting, dengan pengakuan bahwa pengembangan karakter yang kuat membantu menciptakan manusia yang beretika dan berkontribusi positif. Dalam kerangka Islam, pendidikan karakter mencakup aspek moral, etika, dan spiritualitas yang mendasari perilaku individu. Studi ini menggali berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam konteks sekolah dasar untuk membangun karakter berbasis Islam, termasuk pembelajaran aktif, model peran oleh guru, integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum, penggunaan metode pembelajaran berbasis pembiasaan, dan pembentukan lingkungan sekolah yang mendukung. Program yang dijalankan diantaranya Sholat Sunnah dhuha, Kultum (kuliah tuujuh menit), hafalan asmaul husna dan surat-surat pendek. Pendekatan holistik ini bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak secara menyeluruh, membantu mereka memahami nilai-nilai agama Islam, sehingga mengimplementasikannya dalam tindakan sehari-hari, dan menjadi manusia yang bertanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis Islam di sekolah dasar dapat menjadi landasan yang kuat bagi pengembangan karakter yang unggul pada masa depan. Studi ini memberikan wawasan penting bagi pendidik, administrator sekolah, dan pembuat kebijakan dalam merancang program pendidikan yang holistik dan berorientasi pada nilai-nilai agama untuk meningkatkan karakter anak-anak di tingkat dasar.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Karakter unggul, Pendidikan Agama, Sekolah Dasar
References
Nurhasanah, I. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikulturalisme dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rambah Samo [Tesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hamdani, A., & Fadillah, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fajarwati, T. N., & Fattah, N. (2023). The Implementation of Character Education in Elementary School. Journal of Basic Education, 4(2), 232-240.
Kemendikbud. (n.d.). Pendidikan Karakter: Peranan dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas.
Salam, A. (2021). Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam.
Suhendar, T., & Suharyati, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikulturalisme dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rambah Samo. Jurnal Ilmiah Agama Islam, 4(1), 1-15
Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 321-336.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Kurikulum.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Miftahul Huda, I., & Sanjayani, R. (2023). Implementation of Character Education in Elementary School. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 56-67.
Fajarwati, T. N., & Fattah, N. (2023). The Implementation of Character Education in Elementary School. Journal of Basic Education, 4(2), 232-240.
Teguh, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kamaliyah Kota Palangka Raya [Tesis]. IAIN Palangka Raya.
Wahyudin, A. (2020). The Implementation of Character Education in Indonesian Elementary Schools.
Akbar, M. R., & Hartono, H. (2019). The Role of Parents and Schools in Character Education for Students. Journal of Basic Education, 5(1), 45-55.
Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 321-336.
Widodo, H. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2).
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.10912
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: