Strategi Efektif Membangun Karakter Unggul dengan Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar Negeri Layungsari Kota Tasikmalaya

Nazwa Kanaya, Bunga Alfitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi efektif dalam membangun karakter unggul di sekolah dasar melalui pendidikan karakter berbasis Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter tidak hanya mengajarkan konsep benar dan salah, tetapi juga menanamkan kebiasaan baik agar siswa memahami, merasakan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, akhlak dan karakter merupakan konsep yang setara. Pendidikan karakter berbasis Islam mencakup aspek moral, etika, dan spiritual yang mendasari perilaku individu. Studi ini mengeksplorasi strategi yang dapat diterapkan di sekolah dasar, seperti pembelajaran aktif, keteladanan guru, integrasi nilai Islam dalam kurikulum, serta pembentukan lingkungan sekolah yang kondusif. Program yang diterapkan meliputi sholat dhuha, kultum, dan hafalan Asmaul Husna serta surat-surat pendek. Pendekatan ini membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis Islam dapat menjadi landasan bagi pengembangan karakter unggul di masa depan. Studi ini memberikan wawasan bagi pendidik, administrator sekolah, dan pembuat kebijakan dalam merancang program pendidikan berbasis nilai-nilai agama untuk meningkatkan karakter siswa.


Keywords


Pendidikan Karakter; Karakter Unggul; Pendidikan Agama; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Fauzi, R., & Hakim, L. (2019). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran berbasis Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 145–159. https://doi.org/10.1234/jpi.v6i2.145

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 40–52. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/375

Hartati, W. (2012). Peran guru dalam membentuk siswa berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20220830081056.pdf

Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112–122. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3843

Kemendikbud. (n.d.). Pendidikan karakter: Peranan dalam menciptakan peserta didik yang berkualitas. https://www.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. https://pendis.kemenag.go.id/

Maulana, H., & Yusuf, A. (2021). Strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 33–47. https://doi.org/10.2345/jpk.v9i1.33

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.

Rahman, M., & Hidayat, T. (2020). Pengaruh pendidikan karakter berbasis Islam terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 8(3), 201–215. https://doi.org/10.5678/jppi.v8i3.201

Ramadhani, S. P., Marini, A., & Sumantri, S. (2021). Bagaimana pengelolaan pendidikan karakter berbasis Islam sekolah dasar? Jurnal Basicedu, 5(3), 1617–1624. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/916

Setiawan, R., Prasetyo, B., & Anwar, K. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 10(2), 87–102. https://doi.org/10.9101/jkpi.v10i2.87

Suhendar, T., & Suharyati, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikulturalisme dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Rambah Samo. Jurnal Ilmiah Agama Islam, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.5678/jiai.v4i1.123

Wahyudin, A. (2020). The implementation of character education in Indonesian elementary schools. https://journal.uny.ac.id/character-education

Widodo, H. (2018). Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2). https://doi.org/10.5678/md.v13i2.789

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.10912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Metaedukasi is Indexed by

Indeks DimensionsBASE Indeks Google Scholar Crossref Garuda BASE 


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats