Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Menengah Atas Tasikmalaya (Tinjauan terhadap Program Salat Duha dan Dampaknya)

Rif'an Haqqi Fakhrulloh, Panji Setyawan, Barkah Kurniawan

Abstract


Perilaku keagamaan remaja khususnya fenomena perilaku pelajar masa kini banyak yang tidak menghargai nilai-nilai kemanusiaan, kehidupannya yang bebas dan tidak disiplin sehingga berujung pada perilaku kekerasan seperti tawuran dan seks bebas, serta penghinaan terhadap orang tua, guru, dan teman. Situasi ini sangat mengkhawatirkan bagi dunia pendidikan dan tentu saja bagi semua orang yang terlibat, sebab generasi mudalah yang menjadi korbannya yang merupakan cikal bakal pemimpin dan penerus di masyarakat bahkan penentu masa depan bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: tujuan, proses,  dan dampak pembiasaan perilaku keagamaan peserta didik melalui program Salat Duha di sekolah menengah atas Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui library research (studi pustaka). Sumber data yang digunakan dalam artikel ini adalah referensi dari artikel dan jurnal yang membahas suatu permasalahan terkait.  Subjek penelitian ini adalah tinjauan program Salat Duha  dan dampaknya dengan objek siswa di sekolah menengah atas Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan pembiasaan siswa berperilaku religius yaitu untuk menumbuhkan akhlak terpuji peserta didik, membiasakan perilaku disiplin peserta didik, dan menanamkan nilai ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Simpulan dari penelitian ini proses intinya adalah pelaksanaan Salat Duha sedangkan proses pendukungnya antara lain kegiatan pembacaan Asmaul Husna, Istigfar, tahmid, tahlil, dan KULTUM. Keberhasilan proses ini ditandai dengan efektifnya pelaksanaan program Salat Duha dan keberhasilan dari segi manfaatnya yaitu untuk membentuk dan membiasakan peserta didik melakukan hal-hal positif.


Keywords


Sholat Duha, Pembiasaan Keagamaan, Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, P. F. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Duha Peserta Didik di SMP Mutiara 1 Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135-140. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3041

Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fauzan, A. (2022). Relasi Doa dengan Usaha dalam Perspektif Al-Quran. Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran. 2(1), 55-78. https://doi.org/10.19109/jsq.v2i1.11523

Firdaus, F. M., et.al. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786

Haedari, M.A.. (2010). Pendidikan Agama di Indonedia. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan dan Kementerian Agama RI.

Hermawan, R. (2018). Pengajaran Sholat pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 282-291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301

Irsan., & Syamsurijal. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(1), 10-17. https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3058

Karima, N. C. (2022). Pentingnya Menanamkan Nilai Agama dan Moral terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak, 17(2), 273-292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482

Khalilurrahman, M. (2008). Berkah Shalat Duha. Jakarta: Wahyu Media.

Marzuki. (2015). Pendidikan karakter Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuraeni, S., & Jaelani, A. (2020). Pengaruh Pembiasaan Salat Duha terhadap Karakter Disiplin Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Indonesian Journal of Elementary Education, 2(1). 10.24235/ijee.v2i1.6709

Prisilia, Iis Pika., et.al. (2021). Korelasi Kemampuan Berpikir Reflektif terhadap Self-Confidence. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1-8.

Saeful, A. (2021). Implementasi Nilai Kejujuran dalam Pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 4(2), 124-142.

Samsudin, A. (2018). Pembiasaan Perilaku Keberagaman Peserta Didik melalui Program Salat Duha (Studi di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya). Atthulab Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 169-184. https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4212

Saroji. (2021). Kesadaran Diri dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa SMA. COUNSENESIA: Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1424

Satuti, H. W. D., et.al. (2023). Penguatan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 12352-12359. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8360

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud to be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Exponential, 1(1): 75-86.

Syah, M. (2016). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo

Wulandari, A., & Fauzi, A. (2021). Urgensi Pendidikan Moral dan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6 (1), 75-85. 10.35316/edupedia.v6i1.1393

Wulandari, H., & Rafiq, M. (2018). Pembiasaan Shalat Duha dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Islamic Education Studies, 1(2), 66-78. https://doi.org/10.30631/ies.v1i2.69




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i1.10970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: