PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DRONE MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH (Studi di Kelas XII SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya)
Een Rochaeni
Abstract
Mata pelajaran geografi memerlukan tingkat kreativitas dan aktivitas siswa, yang tinggi baik kegiatan di dalam ruangan (kelas, laboratorium, perpustakaan) maupun lewat pengalaman langsung dilapangan. Seharusnya sekolah memanfaatkan lingkungan lokal sebagai sumber belajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian secara eksperimen. Sampel responden dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 2 kelas yaitu kelas XII IPS 2 dan kelas XII IPS 2.  Pembelajaran dengan menggunakan media drone pada materi penginderaan jauh ini membantu pemahaman siswa terhadap materi penginderaan jauh khususnya pada citra foto udara. Penggunaan metode demonstrasi di SMAN 9 Kota Tasikmalaya dapat membuat perhatian siswa lebih mudah dipusatkan pada proses pembelajaran dan tidak tertuju pada hal-hal yang lain dan siswa juga dapat menguruangi kesalahan dalam mengambil kesimpulan di kelas yang hanya belajar dari membaca buku saja dan pemberian materi di kelas dari guru
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115 email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id e-ISSN: 2714-7851