Desain Pengembangan Instrumen dan Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis dalam Mengidentifikasi Zat Aditif

Ipat Pitriani Saripah

Abstract


Tantangan abad 21 peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, atau berpikir kritis dan analitis sehingga peserta didik harus diberikan soal yang memiliki variasi soal HOTS yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, kritis, dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat penilaian yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis dan untuk mengevaluasi validitas, dan reliabilitasnya pada materi zat aditf. Indikator yang digunakan pada instrumen ini terdiri dari lima indikator yang merupakan gabungan dari Kemampuan berpikir kritis, sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanwiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis mengenai materi zat aditif sebanyak 10 butir soal pilihan ganda. Data diolah menggunakan aplikasi Anates diperoleh dari soal yang diberikan memiliki korelasi cukup yaitu 0,21 dan tingkat reliabilitasnya 0,35. tingkat kesukaran dan kualitas pengecoh yang belum seimbang.Terdapat 2 soal yang sudah layak digunakan, 7 soal yang perlu direvisi, dan satu soal yang perlu diganti.

Keywords


Instrument Design Critical Thinking Evaluation Additives

References


Al Ameer, A. Y. (2023). Assessment of the Quality of Multiple-Choice Questions in the Surgery Course for an Integrated Curriculum, University of Bisha College of Medicine, Saudi Arabia. Cureus, 15(12), 6–13. https://doi.org/10.7759/cureus.50441

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Amelia, N., & Erita, S. (2024). Eksplorasi Validitas dan Reliabilitas Soal Pemahaman Konsep dalam Asesmen Pembelajaran. Jurnal BIMA: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 222–232. https://doi.org/10.61132/bima.v2i1.559

Clayson, D. E. (2018). Student evaluation of teaching and matters of reliability. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43(4), 666–681. https://doi.org/10.1080/02602938.2017.1393495

Dewi, N. D. L., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pengembangan instrumen penilaian IPA untuk memetakan critical thinking dan practical skill peserta didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 213. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.11963

Farida, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64. https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115

Gierl, M. J., Bulut, O., Guo, Q., & Zhang, X. (2017). Developing, Analyzing, and Using Distractors for Multiple-Choice Tests in Education: A Comprehensive Review. In Review of Educational Research (Vol. 87, Nomor 6).https:/doi.org/10.3102/0034654317726529

Hardianti, H., Liliawati, W., & Tayubi, Y. R. (2023). Karakteristik tes kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls: Perbandingan classical theory test (CTT) dan model Rasch. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i1.30958

Ikhtiana, F. A. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan teori konstruktivisme pada model pembelajaran ipa peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 70–74. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39775

Karunarathna, I. (2024). Designing Distractors : Enhancing Diagnostic Value in. May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30204.86409

Kumar, D., Jaipurkar, R., Shekhar, A., Sikri, G., & Srinivas, V. (2021). Item analysis of multiple choice questions: A quality assurance test for an assessment tool. Medical Journal Armed Forces India, 77, S85–S89. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2020.11.007

Lau, K. H., Lam, T., Kam, B. H., Nkhoma, M., Richardson, J., & Thomas, S. (2018). The role of textbook learning resources in e-learning: A taxonomic study. Computers and Education, 118, 10–24. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.11.005

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Mustaqim, M., & Sulisti, H. (2024). Analisis Butir Soal Pas Matematika Peminatan: Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Dan Kualitas Pengecoh. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3011

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Nuridha, S., & Hardianti, R. D. (2022). Pengukuran Critical Thinking Skills Siswa Menggunakan Four-Tier Multiple Representation Test. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 234–238.

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Pasaribu, E., Reni, M. I., Simbolon, N. T., & Alriadi, N. (2024). Analisis Kognitif dan Pemahaman Siswa Mengenai Pembelajaran IPA Pada Kelas 6C SDN 101766 Bandar Setia dengan Soal Berbasis HOTS.

Rezigalla, A. A., Eleragi, A. M. E. S. A., Elhussein, A. B., Alfaifi, J., ALGhamdi, M. A., Al Ameer, A. Y., Yahia, A. I. O., Mohammed, O. A., & Adam, M. I. E. (2024). Item analysis: the impact of distractor efficiency on the difficulty index and discrimination power of multiple-choice items. BMC Medical Education, 24(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12909-024-05433-y

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Septiani, T., Wuryastuti, S., & Suratno, T. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Materi dan Sifatnya Siswa Kelas V SDN Kebon Dalem. Didaktika, 1(4), 695–704. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i4.38138

Setambah, M. A. B., Tajudin, N. M., & Adnan, M. (2018). Basics Statistics Critical Thinking Test : Reliability and Validity Issues. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.9572

Sudaryono, Rahardja, U., Aini, Q., Isma Graha, Y., & Lutfiani, N. (2019). Validity of Test Instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012050

Sumarni, W., Supardi, K. I., & Widiarti, N. (2018). Development of assessment instruments to measure critical thinking skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 349(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/349/1/012066

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wayudi, M., & Akbar, A. (2023). Efektivitas Metode Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dimoderasi Minat Belajar. Journal on Education, 06(01), 4586–4598.

Yadnyawati, I. A. G. (2019). EVALUASI PEMBELAJARAN (I Ketut Suda (ed.); Kesatu).




DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.12629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:

View Metaedukasi Stats


Indexing by: