Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Adaptasi Hewan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyanti, F., & Winarti. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kaunia, 9(2), 27–33. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941
Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.979-692-956-2
Badeo, A. S., & Espinosa, A. A. (2021). The effect of Socio-Scientific Issues (SSI) in teaching science: A meta-analysis study. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 271-284. https://www.jotse.org/index.php/jotse/article/view/1340/610
Callahan, J. F., & Clark, L. H. (2009). Foundation of education. New York: Macmillan Publishing Company Inc.
Chabeli, M. M. (2002). Portfolio assessment and evaluation: Implications and guidelines for clinical nursing education. Curationis, 25(3), 4–9. https://doi.org/10.4102/curationis.v25i3.778
Chaeruman, U. A. (2015). Instrumen evaluasi media pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas. https://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2009/06/Permendiknas_No_22_th_2006.pdf
Facione, P. A. (2000). The disposition toward critical thinking: Its character, measurement, and relation to critical thinking skill. Informal Logic, 20(1), 61–84. https://doi.org/10.22329/il.v20i1.2254
Farida, N., & Ferdiani, R. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengkonstruksi materi teori bilangan. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 45-55. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/3764
Fitriani, R. (2021). Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(1), 45–53. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/15678
Irawati, H., Saifuddin, M. F., & Ma’rifah, D. R. (2018). Pengembangan instrumen tes dan non-tes dalam rangka menyiapkan penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SMP/MTs Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 503–510. https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.362
Jaya, A. (2020). Peran guru dalam menyusun instrumen penilaian untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(3), 250–260. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpp/article/view/9876
Muhammad, Z., & Sulingga, K. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 12–18. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2903
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37–58. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/1341
Nani, H. (2021). Analisis daya pembeda soal dalam evaluasi pembelajaran. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 123–130. https://ejournal.upi.edu/index.php/jep/article/view/12345
Oktaviana, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya daya pembeda soal ujian. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(4), 345–360. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpp/article/view/10987
Oktaviana, D. (2018). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22–30. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.1255
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan instrumen penilaian HOTS berbasis kurikulum 2013 terhadap sikap disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123–142. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.334
Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2005). The significance of content knowledge for informal reasoning regarding socioscientific issues: Applying genetics knowledge to genetic engineering issues. Science Education, 89(1), 71–93. https://doi.org/10.1002/sce.20023
Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=586982
Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792
Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2013). Pengembangan modul berbasis saintifik untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi gerak harmonis di SMAN Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 15–21. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2108
Zeidler, D. L., Sadler, T. D., Simmons, M. L., & Howes, E. V. (2005). Beyond STS: A research-based framework for socioscientific issues education. Science Education, 89(3), 357–377. https://doi.org/10.1002/sce.20048
Zeidler, D. L., Herman, B. C., Ruzek, M., Linder, A., & Lin, S. S. (2019). New directions in socioscientific issues research. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1-9. https://diser.springeropen.com/articles/10.1186/s43031-019-0008-7
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1-17. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN
Zulkarnain. (2022). Pengembangan Digis-Book materi adaptasi makhluk hidup untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 33-41. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2570
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v6i2.12805
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metaedukasi is Indexed by
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter: