Development of Virtual Reality (VR)-Based “Jelajah Geometri” Animation Media to Improve Critical Thinking Skills of Grade IV Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F., Aini, L. N., & Makmun, S. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Kemamampuan Matematika. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 97. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.587
Arifuddin, A. (2024). Perolehan Dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Saintifik Berbantuan Augmented Reality Ditinjau Dari Level Disposisi Matematis Siswa. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap hasil belajar matematika: meta analisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873–1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629
Darojat, M. A., Ulfa, S., & Wedi, A. (2022). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91–99. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091
Fadiyah, H., Kurnianti, E., & Hasanah, U. (2024). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Digital. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 211 - 224. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2968
Fauziyah, N., & Priyambodho, B. . (2022). Universitas Muhammadiyah Surakarta , Surakarta , Indonesia Abstrak PENDAHULUAN Matematika merupakan salah satu ilmu yang berperan penting dalam perkembangan dunia Matematika adalah ilmu yang berhubungan dengan ide dan konsep abstrak yang dapat membantu me. 11(4), 2823–2835.
Febriana, D., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality berbantu Millea Lab pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 329–340. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.926
Hadiawati, H. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Problem Solving) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kerinci Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 784. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1061
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 No 1 June 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran).
Lestari, D. D., Sulistyawati, I., & Wardani, I. S. (2022). Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Sistem Pencernaan Manusia Sekolah Dasar. JISPENDIORA : Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 01–05. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.27
Oktarizka, D. A., & Abidin, Y. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Virtual Reality Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2225–2235. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8819
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika., . Vol. 4,.
Putra, L. D., Shiddiq, A. J., Khafi, I., & Nugroho, B. (2024). Integrasi Teknologi Immersive learning Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 4(2), 218–230. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i2.3349
Riyanti, M., & Jarmita, N. (2021). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Unsur-Unsur Bangun Datar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(01), 73–88. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/4698
Rizki, P, A., Ponoharjo, & Rokhman, M, S. (2021). Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika. Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematik. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/jppm.v4i1.73
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Saparuddin, M. I., Astutik, S., Pangastuti, E. I., Apriyanto, B., & Susiati, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Virtual Reality Berbasis Millealab Pada Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 7(1), 93–103.
Sati, A. T., Aditya, D. T., Azzahra, N. L., & Djutalov, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Keuangan Orens Peninggaran Raya (OPERA) Berbasis Dekstop Dengan Java Se & MYSQL Menggunakan Metode Reseach And Development (RND). Journal of Research and Publication Innovation, 1(2), 196-200.
Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592
Sofiyati, A. A., Arifuddin, A., & Andini, W. (2024). Game Development“GEMAS(Modified Divisiem Engklekgame)” To Improve Understanding Of Conceptisin Class II Elementary School Students. AL-Mudarris : Journal Of Education, 7(2), 189–204. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/bdv9nd09
Styadi, A., Istiyowti, L. S., Kampus, A., Business, S., Gading, J., Boulevard, S., Tower, N., Dua, K. K., & Tangerang, K. (2024). Implementasi Virtual Reality dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Universitas Pradita , Indonesia lembaga pendidikan sebagai sarana pendukung dalam pembelajaran , baik sebagai sarana dalam. 2(1), 21–27.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Alfabeta.
Susilawati, F., Munzir Umran, & Galang Pandu Pratama. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Virtual Reality (Vr) Sistem Tata Surya Sebagai Media Pembelajaran Sains. J-Innovation, 10(2), 63–68. https://doi.org/10.55600/jipa.v10i2.94
Wulandari, T. D., Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2022). Keefektifan Pembelajaran Ipa Berbantuan Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP Di Abad 21: Review Artikel. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 106–115. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1343%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/1343/855
Zulfikri, A. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Virtual Reality dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 258–265.
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v7i1.16482
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metaedukasi is Indexed by
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter: