PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SIKLUS HIDUP HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS IV SDN MUGARSARI
Abstract
Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Mugarsari Kota Tasikmalaya bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa SD di Mugarsari. Sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mugarsari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk obyektif, dilakukan dengan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen
yang menggunakan media video lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media video. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 diperoleh nilai thitung = 2.127 dan t tabel = 2.034 dengan tingkat signifikan (a = 0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Moh.Suardi (2018). Belajar &Pembelajaran .Yogyakarta. CV Budi Utama .
Pribadi, B. A. (2010). Model desain system pembelajaran.Jakarta : Dian Rakyat.
Putri, N (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (2), 318-328.
Kurniawati, dkk. 2013. Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, social, dan moral, JPII, 2 (2), 149- 155.
M. Rohmawati. 2012. Penggunaan Education Game untuk meningkatkan hasil Belajar Ipa Biologi
Konsep Klasifikasi Makhluk hidup , JPII, 1 (1) 75- 81
Rusman 2012.Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer.Bandung : Penerbit Alfabeta.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Nana Sudjana.2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nemeth, J., & Longh, J. G. .(2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal Of planning Education and Research, 32 (4), 476-490
Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland : The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15 (3), 329-344.
Dwi yunita& astute wijayanti. 2017. Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kefektifan siswa. jurnal LP3M- Universitas sarjanawiyata tamansiswa
Yogyakarta. Vol3, No.2
Kemendikbud.2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia Nomor 67 tahun 2013.Jakarta : Kemendikbud.
Galuh Rahayuni. 2016. Hubungan Keterampilan Berfikir Kritis dan Literasi Sains pada pembelajaran IPA Terpadu dengan model PBM dan STM, JPPI 2 (2), 131-146.
Masyhud, M. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jember : Lembaga Pengembanagan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ningsih A. 2015. Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di sekolah Dasar. Journal Pedagogia ISSN 2089- 3833, Vol 4, No. 1
Novi A. 2018.Pengaruh media Papan Flanel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- Vol . 5, No. 2. 317 -325
Cepy Riyana (2012).Media Pembelajaran.Jakarta pusat. Direktorat jendral pendidikan islam kementrian agama RI
DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jurnalmetaedukasi@unsil.ac.id
e-ISSN: 2714-7851
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Indexing by: